Share

4 Penyebab Oli Mesin Motor Bercampur Air Radiator, Begini Cara Mengatasinya

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Senin 11 Juli 2022 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 10 53 2627047 4-penyebab-oli-mesin-motor-bercampur-air-radiator-begini-cara-mengatasinya-9vHBcomuY4.jpg Ilustrasi (Motorcycle)

PENYEBAB oli mesin motor bercampur air radiator tentu harus anda ketahui. Karena jika keduanya bercampur dapat menyebabkan masalah serius pada mesin kendaraan anda.

Ketika oli bercampur dengan air radiator, maka mesin akan kekurangan daya pelumasan. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan membuang oli tersebut dan diganti oli yang baru.

Namun, sebelumnya anda juga harus tahu penyebab oli mesin motor bercampur dengan air radiator agar kejadian yang sama tidak terulang lagi. Yuk cari tahu bersama.

 BACA JUGA:Begini Cara Cek Ketinggian Oli Motor, Bisa Dicoba di Rumah

Penyebab Oli Mesin Motor Bercampur Air Radiator

Untuk memastikan apakah oli mesin anda benar-benar tercampur dengan air radiator, sebaiknya anda melakukan pengecekan terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menggunakan dipstick.

Jika setelah pengecekan anda mendapati kondisi oli berubah warna, seperti menjadi putih susu, itu berarti oli anda telah tercampur dengan suatu cairan. Di saat inilah kualitas oli akan menurun dan dapat merusak mesin.

 ilustrasi

Tercampurnya oli mesin motor dengan air radiator umumnya disebabkan oleh beberapa hal:

Sil Water Pump

Rusaknya sil water pump tentu dapat menyebabkan cairan yang ada di dalam radiator masuk atau merembes ke dalam mesin kendaraan dan tentu saja bercampur dengan oli.

 BACA JUGA:Perbedaan Oli Motor Matic dan Manual, Jangan Sampai Salah!

Jika ini terjadi pada motor anda, sebaiknya ganti silnya dengan yang baru. Harganya cukup murah, yaitu sekitar Rp. 100 ribuan saja.

Packing Head

Jika sil water pump dirasa baik-baik saja, maka anda harus mengecek bagian packing headnya. Packing head bisa mengalami kebocoran karena adanya korosi. Apabila terjadi kebocoran maka akan menyebabkan air merembes masuk ke dalam mesin kendaraan dan bercampur dengan oli. Solusinya adalah menggantinya dengan yang baru.

Kerusakan pada Kepala Silinder

Kepala silinder yang rusak umumnya akan menyebabkan bentuknya melengkung. Hal ini bisa disebabkan karena mesin mengalami overheat atau panas berlebih. Ketika kepala silinder melengkung maka akan memunculkan adanya celah antar kepala silinder dengan blok silinder yang menyebabkan oli mesin dan air radiator bertemu.

Untuk itu, jika anda mendapati kepala silinder melengkung sebaiknya segera direparasi atau diganti yang baru.

 

Retak di Dinding Water Jacket

Retak pada dinding water jacket juga bisa menjadi salah satu penyebab air radiator tercampur dengan oli mesin. Retakan ini bisa terjadi di kepala silinder dan blok silinder karena penggunaan cairan radiator yang kurang sesuai dengan karakter mesinnya. Karena tergolong kerusakan parah, maka solusinya adalah menggantinya dengan yang baru.

Itulah penyebab oli mesin motor bercampur air radiator yang harus anda tahu. Semoga membantu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini