Share

3 Tips Beli Motor Bekas Agar Tak Ketipu!

Tangguh Yudha, MNC Portal · Rabu 13 Juli 2022 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 12 53 2628039 3-tips-beli-motor-bekas-agar-tak-ketipu-mgVnC4pxP9.jpg Motor (dok ANTARA)

KETIKA membeli motor bekas sangat diperlukan kehati-hatian agar tidak timbul masalah di masa mendatang. Membeli motor bekas secara asal-asalan tentu akan menggirimg kita ke jurang penyesalan.

Nah bagi kaliam yamg berencana membeli motor bekas ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Seperti apa langkah-langkahnya? Berikut paparannya, seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Cek Kondisi Mesin

Langkah paling utama saat membeli motor bekas adalah memeriksa kondisi mesin. Tanyakan juga kepada penjual apakah motor yang dijual ini diservis secara teratur atau tidak.

Jika ya, silakan coba nyalakan motor. Dengarkan, kira-kira seperti apa suara mesinnya, masih halus atau tidak. Setelah itu coba kendarai motor keliling daerah sekitar.

Hal ini berguna untuk mengecek kondisi sepeda motor bekas, karena dengan mencoba mengendarai sepeda motor bekas kita akan mengetahui kondisi mesinnya secara lebih detail.

 infografis

2. Cek Fungsional Kendaraan

Periksa fungsi-fungsi panel seperti electric starter, lampu depan dan belakang, lampu sein (tanda untuk belok), dan kelengkapan kendaraan lain layaknya spion, serta kelengkapan standar pabrik lainnya.

Pastikan semua lengkap. Jika belum lengkap lebih baik berpikir dua kali sebelum memutuskan membeli, daripada harus merogoh kocek untuk membeli perlengkapan sesuai aturan lalu lintas.

3. Periksa Kelengkapan Surat-Surat

Hal penting lain yang harus diperhatikan saat memilih sepeda motor bekas adalah surat-surat atau dokumen kendaraan. Penjual motor bekas yang baik tentunya memiliki surat-surat yang lengkap pada motornya.

Surat-surat kendaraan adalah surat penting yang harus dimiliki setiap kendaraan bermotor. Silakan dicek apakah ada STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), BPKB, dan surat pendukung lainnya. (nia)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini