Share

10 Penyebab Mesin Mobil Terus Bergetar Saat Posisi Diam

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Kamis 14 Juli 2022 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 52 2628582 10-penyebab-mesin-mobil-terus-bergetar-saat-posisi-diam-TJoWrBdFDx.jpg Ilustrasi mobil (freepik)

TERDAPAT 10 penyebab mesin mobil terus bergetar saat posisi diam harus anda ketahui. Ketika mobil pertama kali dinyalakan dan tiba-tiba terasa bergetar meski dalam kondisi diam sebenarnya wajar.

Namun, hal ini bisa berubah menjadi tidak wajar ketika getaran tetap berlanjut. Mobil yang bergetar ketika diam bisa menjadi salah satu indikator adanya masalah yang terjadi pada mesin mobil anda.

Nah, apa saja ya 10 penyebab mesin mobil terus bergetar saat posisi diam? Yuk simak informasinya berikut ini.

Distribusi bahan bakar yang tidak lancar

Bahan bakar yang masuk ke dalam ruang pembakaran mesin jumlahnya harus tepat sehingga getaran yang dibuat mesin tidak akan terasa begitu kencang. Biasanya masalah ini muncul pada mobil dengan sistem injeksi. Karena injektor yang bermasalah bisa menyebabkan distribusi bahan bakar yang tidak merata.

infografis

Terjadi masalah pada kopling

Kopling tentunya memiliki peran yang sangat penting. Kopling yang rusak akan terasa pada clutch covernya. Hal tersebut terjadi karena clutch cover tidak rata lagi. Bukan hanya itu saja, kampas pada kompling yang telah habis juga bisa membuat pedal kopling loss sehingga getarannya terasa lebih kencang.

Adanya masalah pada propeller shaft

Fungsi dari propeller shaft adalah untuk mendistribusikan tenaga penggerak ke dalam transmisi pada bagian gardan. Maka dari itu, apabila terjadi kerusakan getaran tidak tersalurkan dengan baik dan akan terasa sangat kenang. Getaran ini biasanya berasal dari roda bagian belakang.

Kampas rem yang menipis

Ketika kampas rem menipis, bukan hanya remnya saja yang menjadi tidak pakem. Tapi juga bisa menyebabkan mobil terasa bergetar ketika dalam posisi diam.

Velg ban yang bengkok

Velg ban pada mobil bisa mengalami kebengkokan. Jika velg ban mulai bengkok, maka mobil tidak bisa menahan beban dengan baik. Sehingga ketahanannya pun berkurang dan getaran bisa menjadi semakin besar walaupun mobil diam.

Shockbreaker bermasalah

Shockbreaker yang bermasalah bisa menganggu keseimbangan mobil anda. Maka dari itu, ketika terjadi masalah pada komponen ini akan terjadi getaran yang cukup kuat.

Karet pada kap mesin yang keras

Anda pasti tahu jika setiap mobil dilengkapi dengan adanya karet penyangga yang digunakan untuk meredam getaran di luar mesin. Namun ketika karet ini sudah terasa keras atau aus, maka kap mobil tidak akan tertutup sempurna. Inilah yang sering menyebabkan getaran pada mobil.

Piston yang aus

Piston berfungsi agar mobil bisa berjalan secara statis terus menerus. Ketika piston rusak atau sudah aus, maka mesin pada mobil terasa bergetar saat diam.

Komponen ini bisa rusak jika mobil sering digunakan dengan kecepatan tinggi atau dengan gaya mengemudi ugal-ugalan.

Engine Mounting

Mobil memiliki engine mounting yang berfungsi menahan mesin agar selalu dalam posisi yang stabil, karena terjadinya kompresi bisa menyebabkan getaran yang sangat keras. Ketika komponen ini rusak otomatis anda akan merasakan getaran yang terjadi pada mesin.

Busi yang rusak

Komponen busi pada mobil memiliki beberapa busi. Apabila salalh satunya terkena masalah, bisa menyebabkan mobil terasa “pincang”. Hal inilah yang bisa menyebabkan mobil bergetar.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini