Share

Catat! Penyebab Utama yang Bisa Bikin Aki Mobil Menggembung

Tangguh Yudha, MNC Portal · Kamis 14 Juli 2022 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 52 2629016 catat-penyebab-utama-yang-bisa-bikin-aki-mobil-menggembung-L1Z0sONElV.jpg Merawat aki mobil (Istimewa)

AKI merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Fungsi utama dari aki adalah untuk menyuplai daya listrik bagi komponen-komponen mobil lainnya.

Tapi sayangnya, aki bukanlah komponen yang bebas dari kerusakan. Salah satu yang sering dijumpai adalah aki mobil menggembung. Lantas apa sebabnya? Berikut paparannya.

 BACA JUGA:5 Penyebab Aki Mobil Tiba-tiba Soak, Jangan Dianggap Sepele!

Dirangkum dari beberapa sumber, penyebab utama aki menggembung adalah terjadinya panas yang berlebih, yang menyebabkan udara di dalam aki sulit keluar.

Semakin banyak udara yang terperangkap dalam aki maka aki juga akan semakin besar menggembung. Dan biasanya gembungan akan muncul di bagian samping.

 ilustrasi

Penyebab aki mobil panas bisa ditimbulkan oleh korsleting aki. Kondisi seperti ini sering terjadi pada mobil yang memiliki aki yang sudah rusak, kotor atau ada bagian aki yang tidak bisa dialiri aliran listrik.

 BACA JUGA:Aki Mobil Berapa Volt? Simak Penjelasannya

Korsleting aki sendiri biasanya disebabkan karena kondisi aki yang rusak, kotor, tua atau ada bagian aki yang tidak bisa dialiri aliran listrik.

Selain itu, penyebab lain aki menggembung adalah terjadinya overcharge pada alternator kendaraan. Overcharge kerap terjadi pada aki dengan usia uzur dan memang sudah mulai jelek.

Untuk diketahui, overcharge sendiri adalah kondisi dimana sistem pengisian listrik pada aki mobil melebihi batas tegangan pengisian normal. Ini akan menimbulkan reaksi kimia yang berlebihan.

 

Kondisi overcharge sering ditemukan terjadi karena adanya masalah pada komponen IC regulator yang ada di alternator, sehingga komponen tersebut tidak dapat bekerja secara normal.

Akibatnya, tegangan pengisian yang dihasilkan melebihi ambang batas tegangan pengisian normal untuk aki mobil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini