Share

Didirikan 1974, Yuk Mengenal PO Bus Gumarang Jaya Angkutan Legendaris Warga Sumatera

Tangguh Yudha, MNC Portal · Jum'at 15 Juli 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 14 52 2629300 didirikan-1974-yuk-mengenal-po-bus-gumarang-jaya-angkutan-legendaris-warga-sumatera-FtAKS1CvX3.png PO Bus Gumarang Jaya (dok Gumarang Jaya)

PO Bus Gumarang Jaya menjadi salah satu perusahaan otobus legendaris warga Sumatera untuk melakukan perjalanan. 

Selama perjalanannya, ada banyak halangan dan rintangan yang dilalui PO Gumarang Jaya. Lantas seperti apa kisah PO Gumarang Jaya ini hingga sukses seperti sekarang?

PO Gumarang Jaya didirikan oleh Haji Alizar Datuk Bagindo pada 1974. Kala itu, ketersediaan moda transportasi darat di Pulau Sumatera masih sulit. Hingga akhirnya H Alizar terpanggil untuk mendirikan PO Gumarang Jaya.

infografis

"Angkutan di Pulau Sumatera sampai ke Aceh susah. Saat itu angkutan juga tidak teratur, jauh dari kata baik sampai akhirnya saya terpanggil untuk membuat mobil yang bagus," ujar H Alizar dilansir dalam tayangan kanal YouTube PerpalZ TV.

Di masa awal merintis, PO Gumarang Jaya mengandalkan mobil Chevrolet C50 untuk mengangkut penumpang dari Lampung ke Bukittinggi dan sebaliknya. Waktu tempuh yang diperlukan berkisar 5-6 hari dengan menyeberangi beberapa sungai.

"Perjalanan melewati 7 kali penyeberangan dengan rakit. Pertama Sarolangun, Rantau Panjang, Antara Muaro Bungo sampai Bangko ada dua penyebrangan, Sinamar, Muaro Tebo, Pulau Musang dan Sungai Dareh,” kata H Alizar.

Ongkos Penyeberangan dengan rakit dilakukan karena pada saat itu belum ada jembatan. Pria paruh baya yang kerap disapa Pakwo itu juga mengisahkan pengalamannya melintasi jalur tersebut bersama Menteri Perhubungan saat itu, Rusmin Nuryadin.

Pakwo mengungkapkan penamaan Gumarang diambil dari nama kuda Kerajaan Pagaruyung milik Raja Cindua Mato. Harapannya dengan nama Gumarang, bukan hanya akan menjadi andalan masyarakat Sumatera tapi juga Indonesia.

Pada masa keemasannya, PO Gumarang Jaya melayani jaringan trayek dari pulau Sumatera ke berbagai jurusan di Pulau Jawa. Rentang trayek Gumarang Jaya terbentang mulai dari Padang, Bukittinggi, Lubuk Basung, Solok, Jambi, Palembang, dan Bandar Lampung (Sumatera) hingga Jakarta, Pati, dan Solo (Jawa).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini