Share

5 Tips Mengatasi Kaca Mobil Tergores Wiper

Tangguh Yudha, MNC Portal · Jum'at 15 Juli 2022 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 14 52 2629327 5-tips-mengatasi-kaca-mobil-tergores-wiper-fGX5B3x79X.jpg Ilustrasi mobil (freepik)

SAAT  berkendara, tentunya visibilitas sangatlah penting. Untuk itu diperlukan kaca mobil yang bersih dan bebas gangguan agar mengemudi terasa nyaman.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa ada kalanya kaca mobil mengalami gangguan. Salah satu gangguan yang kerap muncul pada kaca mobil adalah munculnya baret.

Baret pada kaca mobil bisa disebabkan banyak hal, yang paling sering karena gesekan dengan karet wiper yang keras. Kalau sudah begini mengemudi akan terasa jauh lebih sulit.

Nah berikut ini adalah 5 tips mengatasi kaca mobil tergores wiper. Berikut paparan lengkapnya, seperti dilansir dari blog Auto2000:

1. Menggunakan kompon

Cara menghilangkan baret pada kaca mobil karena wiper sebenarnya tidak terlampau sulit. Peralatannya bahkan bisa ditemukan dengan mudah di toko perlengkapan mobil.

Salah satu peralatan yang efektif menghilangkan baret kaca mobil adalah kompon mobil. Kompon adalah bahan kimia untuk mengikis permukaan benda. Bentuknya seperti krim lembut berwarna putih.

Penggunaan kompon pun sangat mudah. Sebelumnya, bersihkan permukaan kaca mobil yang baret dengan lap bersih. Setelah bersih, oleskan kompon dengan spons.

Pastikan seluruh permukaan yang baret tertutup kompon sepenuhnya. Setelah itu, gosok pelan-pelan dengan lap microfiber. Kaca yang baret pun akan terlihat seperti baru.

 infografis

2. Manfaatkan cerium oxide

Selain kompon, bisa juga memanfaatkan bahan kimia lainnya, yaitu cerium oxide (serium oksida). Bahan kimia satu ini berbentuk serbuk berwarna kekuningan dan memiliki fungsi sebagai pemoles kaca.

Cerium oxide juga mampu memberikan efek bersih sehingga kaca mobil pun akan terlihat lebih jernih setelah pemolesan. Cara penggunaannya pun sangatlah mudah.

Pertama, bersihkan bagian kaca yang baret. Kemudian, basahi permukaan kaca dan amplas secara perlahan hingga permukaan kaca mobil.

Setelah permukaan kaca siap, kini waktunya membuat cairan cerium oxide. Campurkan cerium oxide dengan air hingga mengental. Poles kaca dengan campuran tersebut menggunakan kuas atau kain lembut.

Gosok perlahan sambil ditekan agar cairan meresap. Terakhir, bersihkan permukaan kaca dengan kain lembut yang bersih.

3. Memakai ammonia

Cara menghilangkan baret kaca mobil yang ketiga adalah dengan memakai ammonia. Sama seperti kompon dan cerium oxide, ammonia pun merupakan bahan kimia.

Ammonia juga mudah digunakan. Cukup campurkan ammonia dengan air hingga rata. Aplikasikan cairan tersebut pada permukaan kaca yang baret dengan menggunakan alat pemoles atau kain yang lembut dan bersih.

Gosok pelan-pelan kaca mobil yang baret sambil sesekali ditekan. Diamkan beberapa saat, baru kemudian bersihkan.

4. Memanfaatkan pasta gigi

Ada satu barang kebutuhan rumah tangga yang bisa digunakan menghilangkan baret, yaitu pasta gigi. Pilih pasta gigi dengan bahan pemutih.

Aplikasikan pasta gigi secukupnya pada kaca mobil yang baret. Gunakan kuas atau kain lembut yang bersih. Diamkan sejenak hingga pasta gigi terlihat mengering.

Setelah itu, bilas dengan air. Jika dirasa perlu, bisa mengulangi cara menghilangkan baret kaca mobil dengan pasta gigi ini beberapa kali.

5. Rutin melakukan perawatan

Sebelum rusak karena baret, ada baiknya selalu melakukan perawatan pada kaca mobil. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek kondisi karet wiper secara rutin.

Setidaknya tiap enam bulan sekali. Jika terasa keras dan kasar, segera ganti agar tidak “melukai” kaca mobil. Atau jika belum sempat membeli yang baru bisa olesi permukaan wiper dengan kompon.

Cara ini bisa menahan karet wiper selama kurang lebih satu bulan. Sebelum itu, segeralah membeli karet yang baru. Jangan lupa untuk selalu bersihkan kaca depan mobil dan bagian lainnya dari debu dan kotoran.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini