Share

4 Cara Merawat Rantai Motor, Bikers Wajib Tahu!

Tangguh Yudha, Jurnalis · Minggu 17 Juli 2022 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 16 53 2630680 4-cara-merawat-rantai-motor-bikers-wajib-tahu-8or5oEH03Y.jpg Merawat rantai motor (McNews)

RANTAI merupakan salah satu komponen penting pada motor. Rantai berfungsi untuk menyalurkan energi gerak yang dihasilkan oleh mesin motor ke roda belakang.

Untuk itu, rantai motor perlu selalu dirawat dan dibersihkan agar tarikan atau akselerasinya tidak berkurang. Berikut beberapa cara merawat rantai motor, melansir dari blog Astra Motor.

 BACA JUGA:Begini Ciri Setang Piston Motor Minta Diganti, Bikers Harus Tahu!

1. Bersihkan rantai secara rutin

Rantai kerapkali terkena debu, pasir, air bahkan lumpur. Maka dari itu, perlu adanya perhatian yang lebih intens pada bagian yang satu ini. Rantai perlu dibersihkan secara rutin untuk mencegah karat.

Selain itu jua untuk membantu mengembalikan kinerja rantai motormu agar lebih optimal. Dalam membersihkan rantai bisa menggunakan berbagai macam produk pembersih yang tersedia di pasaran.

 Ilustrasi

2. Gunakan pelumas khusus

Melumasi rantai dengan oli bekas merupakan salah satu cara yang salah namun kerap dilakukan banyak orang. Kebiasaan ini justru akan menimbulkan kerusakan hingga membuat rantai motor tidak awet.

 BACA JUGA:Hati-Hati! Getaran Tinggi Sepeda Motor Bisa Merusak Kamera iPhone

Ini karena sebenarnya cairan oli bekas sudah terkontaminasi kotoran yang ada di mesin. Jadi, bukannya membuat rantai motor terawat, malah membuatnya kotor dan cepat rusak.

Untuk itu pastikan menggunakan pelumas yang dikhususkan penggunaannya untuk rantai motor. Pelumas khusus rantai bisa ditemukan dengan mudah di toko otomotif.

3. Setel kekencangan rantai secara berkala

Sebelum berkendara, pastikan selalu melakukan pengecekan terhadap kondisi rantai motor. Lihatlah apakah rantai masih kendur atau sudah pas. Jika kendur, maka bisa melakukan penyetelan ulang.

Rantai yang kendur atau terlalu kencang dapat membahayakan diri sendiri dan juga pengendara motor yang lain. Penyetelan rantai sendiri bisa dilakukan sendiri di rumah.

4. Pastikan menggunakan rantai motor yang original

Rantai motor yang original tentu lebih disarankan dibandingkan spare part KW. Memang jika dibandingkan secara harga, rantai motor KW jauh lebih terjangkau.

Namun perlu diketahui, bahwa biasanya harga sebanding dengan kualitas yang ditawarkan .Oleh karena itu, tak ada salahnya merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk mendapatkan produk rantai motor yang original. (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini