Share

Kenali Penyebab CVT Motor Matik Getar dan Cara Mengatasinya

Cita Zenitha, MNC Portal · Selasa 19 Juli 2022 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 53 2631523 kenali-penyebab-cvt-motor-matik-getar-dan-cara-mengatasinya-m7FkyMURnN.jpg CVT motor (Ist)

PENYEBAB CVT motor matik getar sebenarnya mudah dianalisa. Bagi pemilik motor matik, CVT bergetar menandakan adanya kerusakan. Supaya tidak menyebar kerusakan harus segera diatasi dengan baik.

Continuously Variable Transmission atau CVT berguna untuk mempermudah motor matik melakukan perpindahan gigi secara otomatis. Per pada CVT akan mengontrol kerenggangan sliding sheave atau puli belakang ketika mesin berputar.

 BACA JUGA:Perbedaan Oli Motor Matic dan Manual, Jangan Sampai Salah!

Terdapat perubahan sentrifugal saat per ditarik, ketika sliding sheave menyempit kemudian CVT mengelilingi sisi lebih tinggi. Dengan begitu gigi motor akan berpindah menjadi lebih rendah.

CVT pada motor matik ini bisa mengalami getaran karena beberapa hal. Berikut adalah penyebab CVT motor matik getar dan jika tidak segera diatasi bisa menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

ilustrasi

Penyebab CVT Motor Matik Getar

CVT yang rusak bisa disebabkan karena beberapa hal salah satunya grease atau oli gemuk yang berceceran. Oli gemuk yang berceceran akan membuat kampas ganda kotor dan menimbulkan slip sehingga terjadilah getaran CVT. Saat berkendaraan dalam jarak jauh getaran pada CVT motor matik akan terasa.

 BACA JUGA:Motor Matik Jangan Pakai Box Terlalu Besar di Belakang Jok, Ini Alasannya

Selain itu ada benda yang disebut dengan karet damper peredam kopling sentrifugal yang terletak pada kampas ganda. Meski bentuknya kecil ternyata karet ini bisa menyebabkan getaran jika getas atau mengeras. Cara mengatasinya tentu dengan mengganti karet damper saja. Harga karet damper ini juga sangat terjangkau.

Karet damper mengalami getas dan mengeras karena perilaku berkendara yang tidak benar. Contohnya menggantung rpm mesin ketika berhenti sekaligus menekan rem. Kampas akan bergesekan dengan mangkok kampas ganda dan terjadilah pemanasan hingga membuat karet damper getas dan mengeras.

Untuk itu sebagai pengendara motor yang baik rawatlah motor secara rutin. Lakukan pengecekan setiap dua sampai tiga bulan sekali. Pengecekan dan service motor matik bertujuan untuk merawat komponen penting ada ada di dalam motor.

 

Mekanik dari bengkel terpercaya akan melakukan pembersihan transmisi CVT secara keseluruhan. Bila perlu beberapa komponen yang membuat CVT bergetar akan diganti dengan yang baru. Contohnya seperti van belt, CVT spring, Weight set, rolling CVT sampai clutch spring.

Demikianlah penyebab CVT motor getar. Semoga bermanfaat, terimakasih dan sampai jumpa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini