Share

Begini Dampak Buruknya Pakai Gear Motor Terlalu Besar

Ratu Syra Quirinno, MNC Media · Selasa 19 Juli 2022 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 53 2631716 begini-dampak-buruknya-pakai-gear-motor-terlalu-besar-4ldlDMSeHa.jpg Rantai motor (Zero Motor Cycles)

UMUMNYA modifikasi sepeda motor dilakukan untuk agar terlihat lebih keren atau bisa juga ingin meningkatkan performanya. Salah satu bagian motor yang sering diganti adalah gear motor. Biasanya pemilik mengubah ukuran gear motor untuk menyesuaikan dengan velg dan ban yang baru diganti ukurannya.

Seperti diketahui, sepeda motor menggunakan rantai sebagai alat penggeraknya. Rantai berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin, lalu memutar roda belakang motor. Salah satu bagian dari rantai ini adalah gear yang ada di depan dan belakang.

Untuk ukuran gear belakang juga bisa berbeda-beda. Pabrikan sendiri biasanya memberikan berapa ukuran standar untuk gearnya. Namun banyak juga ditemui produk gear dengan ukuran yang lebih besar maupun kecil dari standar pabrikan.

 ilustrasi

Apabila Anda memutuskan untuk memperbesar ukuran gear bagian belakang maka akan menimbulkan efek kebalikan dari gear depan yang diperbesar. Dan semakin besar angka rasio gear, semakin baik akselerasinya.

Tapi di sisi lain, kecepatan puncak akan menurun. Begitu pun sebaliknya, semakin kecil angka rasio gear, semakin tinggi kecepatan puncaknya namun akselerasinya akan semakin menurun.

 BACA JUGA:4 Cara Merawat Rantai Motor, Bikers Wajib Tahu!

Pada dasarnya pabrik telah menyesuaikan ukuran gear pada setiap motor. Namun, sebagai manusia pasti ada saja yang ingin diganti atau di upgrade. Termasuk mengganti gear motor. Mengubah gear belakang motor memang diperbolehkan.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jika salah mengganti gear akan ada efek samping yang ditimbulkan. Mengingat gear motor mempunyai fungsi yang sangat penting untuk melajunya kendaraan, maka jangan sembarang jika ingin mengganti gear motor. Dan sebaiknya penggantian gear motor tidak berbeda jauh dengan ukuran standar dari standar pabrikan.

Mengubah gear motor menjadi lebih besar memang akan memberikan tarikan yang enak saat berada di trek pendek atau menanjak. Meski demikian, ada juga dampak buruk yang bisa terjadi seperti menjadi berat saat di rpm atas.

Dengan kata lain, memperbesar gear belakang, semakin banyak mata gear belakangnya, maka akan semakin ringan dalam memutar roda belakang dan torsi akan meningkat, tetapi top speed akan berkurang dan nafas motor akan menjadi pendek.

Dampak buruk lainnya harga gear motor yang lebih besar tentunya lebih mahal dan harus mengeluarkan kocek yang banyak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini