Share

Dear Riders, Begini Tips Posisi Kaki saat Kendarai Motor Matik

Ary Wahyu Wibowo, Koran SI · Rabu 20 Juli 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 19 53 2632015 dear-riders-begini-tips-posisi-kaki-saat-kendarai-motor-matik-TVvB1el83G.jpg Sepeda Motor Matic (dok Freepik)

KETIKA naik sepeda motor, pengendara tidak hanya dituntut untuk dapat mengendalikan keseimbangan. Namun juga perlu menjaga agar motor tidak keluar dari lajur yang diinginkan atau bahkan ambruk saat berbelok.

“Keseimbangan diperlukan saat pengereman cepat atau keras. Saat proses keseimbangan, memerlukan postur badan yang ideal agar pengendara memiliki kelincahan bergerak dan kekuatan untuk menahan gaya-gaya yang terjadi saat bergerak menggunakan motor. Seperti gaya sentrifugal, gaya gravitasi serta gaya inersia,” kata Senior Instruktur Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto.

Dikatakannya, gaya sentrifugal adalah gaya ke arah luar dari tikungan. Gaya gravitasi akan menarik motor ke arah bawah saat miring, serta inersia adalah gaya yang melawan saat mengerem yang membuat badan pengendara maju ke arah depan.

infografis

Melakukan pengereman sekaligus menjaga keseimbangan motor adalah ketrampilan yang mutlak harus dimiliki. Pengendara dianggap mahir jika memiliki kemampuan menghasilkan jarak pengereman berhenti sempurna ke-0 kilometer per jam dengan jarak pendek tanpa sliding atau ngepot. Selain itu juga memiliki kendali penuh atas kendaraannya ketika melakukan pengereman yang bersambung dengan manuver, menikung atau berbelok bahkan ngegas.

“Stang merupakan komponen utama dalam handling, kuasai kemudi dengan memegang dengan seluruh jemari dan posisikan di tengah grip tangan. Usahakan pergelangan tangan segaris dengan bagian tengah bundar pipa stang. Ini posisi ideal telapak tangan bisa menahan sekaligus tetap bisa merubah arah tanpa terjadi kegagalan,” ucapnya.

Selain tangan beserta jemarinya, posisi kaki sangat menentukan dalam kesigapan dan sangat membantu tubuh menghasilkan keseimbangan di posisi duduk berkendara. Posisi kaki yang menekuk 90 derajat adalah paling ideal untuk tubuh bisa menghasilkan gerak dinamis tubuh, dan keseimbangan yang bagus dalam berkendara harian.

Motor matik memiliki lantai untuk telapak kaki. Bahkan disediakan untuk merenggangkan kaki (leisure area atau selonjor di motor PCX, ADV dan Forza). Berbeda dengan motor sport dan bebek untuk pijakan kaki atau lebih dikenal barstep, lokasinya yang tepat untuk posisi kakinya agar menghasilkan kesimbangan yang optimal sesuai kebutuhan ridingnya.

“Dianjurkan pengguna matik menempatkan kaki dengan lutut menekuk 90 derajat dan telapak kaki menghadap ke depan agar mampu memberikan dukungan kepada tubuh agar menghasilkan respons lebih cepat dan keseimbangan manuver yang optimal, mode santai selonjoran dimanfaatkan untuk mengistirahatkan kaki sejenak dalam perjalanan,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini