Share

Kabel Mana Saja di Motor Matik yang Doyan Digigit Tikus? Simak Jawabannya

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 21 Juli 2022 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 20 53 2633342 kabel-mana-saja-di-motor-matik-yang-doyan-digigit-tikus-simak-jawabannya-yiWx1Gr3nw.jpg Kabel kelistrikan pada motor (rctsystem)

PEMILIK motor matik sangat penting untuk selalu memastikan bahwa kabel yang ada di motornya tidak digigit tikus. Pasalnya, tikus gemar sekali menggigit kabel di motor. Sementara fungsi kabel itu sangat krusial.

Kalau kabel sudah rusak, tentu motor akan bermasalah, misalnya sulit dinyalakan. Tentu saja ini sangat merepotkan jika dalam kondisi mau buru-buru berangkat.

 BACA JUGA:Seberapa Kuat Motor Matic Menempuh Perjalanan Jauh?

Nah, kabel mana saja di motor matik yang rawan digigit tikus?

Tikus diketahui gemar bersarang di area dek hingga di dekat area throttle body. Dan yang paling sering digigit adalah kabel side stand swicth yang merupakan fitur pengaman yang akan memutus sistem pengapian di motor ketika standar samping diturunkan.

 ilustrasi

Jika kabel side stand swicth ini putus alhasil motor matik sama sekali tidak bisa dinyalakan. Untuk mengatasinya posisi kabel side stand swicth bisa digeser ke lokasi yang berbeda. Namun apabila sudah terlanjur putus bisa dilakukan penyambungan.

 BACA JUGA:Kenali Penyebab CVT Motor Matik Getar dan Cara Mengatasinya

Selain kabel side stand swicth, kabel yang kerap digigit tikus adalah kabel injector. Untuk diketahui, kabel injector berfungsi untuk mengaliri arus ke injector, jika mengalami putus maka efeknya juga akan membuat motor tidak bisa menyala saat distarter.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini