Share

Catat! 5 Penyebab Mesin Mobil Pincang yang Jarang Diketahui

Cita Zenitha, MNC Portal · Jum'at 22 Juli 2022 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 52 2634040 catat-5-penyebab-mesin-mobil-pincang-yang-jarang-diketahui-Qndsgy8rJd.jpg Mesin mobil (Okezone)

ADA 5 penyebab mesin mobil pincang yang jarang orang ketahui sangat meresahkan. Seringkali busi menjadi penyebab mobil pincang tapi ternyata ada sebab lainnya.

Mesin mobil pincang merupakan sebutan ketika mesin mobil mengalami getaran secara berulang. Selai busi, pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai juga membuat mesin mobil pincang.

Mesin mobil pincang terjadi karena silinder mesin mobil mengalami kegagalan dalam menghasilkan tenaga. Tentunya pengendara tidak ingin hal ini terjadi pada mobilnya apalagi ketika mengendarai mobil dalam pada jarak yang cukup jauh.

 BACA JUGA:10 Penyebab Mesin Mobil Terus Bergetar Saat Posisi Diam

Perhatikan kondisi berikut untuk mengetahui penyebab mesin mobil pincang supaya bisa mengambil tindakan tepat.

 ilustrasi

Penyebab Mesin Mobil Pincang

Berikut adalah beberapa hal yang harus pengemudi ketahui supaya bisa mendeteksi permasalahan mesin mobil pincang.

1. Kerusakan Busi dan Koil

Busi dan koil bisa menjadi faktor utama mesin mobil pincang. Busi sendiri bertanggung jawab untuk melakukan pembakaran bahan bakar. Apabila busi kotor, rusak atau bahkan mati menyebabkan silinder mesin mobil kehilangan fungsinya. Selain itu, perhatikan juga kebersihan busi jangan sampai busi berkerak karena kelebihan bahan bakar.

Selain busi ada juga koil yang apabila rusak sedikit saja bisa mengganggu kinerja mesin mobil injeksi. Apalagi yang menggunakan mesin mobil satu koil untuk satu silinder.

2. Ring Piston Aus

Ring piston aus biasa disebabkan karena beberapa faktor misalnya ketika telat mengganti oli, mesin overheat dan kualitas oli buruk. Sebagai pengendara kita bisa mendeteksi ring piston aus apabila penggunaan oli tiba-tiba menjadi boros.

3. Lemahnya Kompresi Silinder

Pada mobil injeksi, lemahnya kompresi silinder bisa menjadi penyebab mesin mobil pincang. Umumnya kompresi mesin mobil mencapai 10 sampai 12 kpa pada setiap silindernya. Nah, jika ada empat silinder maka masing-masing silinder harus mendapatkan kompresi yang sama. Jika ada salah satu yang kurang mobil akan terasa pincang.

4. Engine Control Unit (ECU)

ECU bermasalah bisa menyebabkan mesin mobil injeksi pincang. ECU sendiri berperan untuk mengatur seluruh sistem pada mesin mulai dari pembakaran sampai pendinginan mesin. Jika ECU mengalami masalah memungkinkan terjadinya kegagalan pada berbagai sistem yang ada di dalam mesin.

5. Permasalahan Pada Injektor

Pada mesin mobil saat ini masing-masing silinder memiliki satu buat injektor. Misalnya silinder mesin ada tiga maka injektor juga ada tiga. Jika salah satu injektor rusak atau tersumbat maka mesin mobil akan pincang pada rpm rendah. Masalah ini disebabkan sistem pembakaran pada mesin menjadi terganggu akibat minimnya bahan pembakaran yang ditransmisikan ke ruang pembakaran.

Itulah setidaknya 5 penyebab mesin mobil pincang yang jarang orang ketahui.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini