Share

Tips Aman Mengendarai Mobil di Malam Hari

Tangguh Yudha, Jurnalis · Jum'at 22 Juli 2022 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 87 2633680 tips-aman-mengendarai-mobil-di-malam-hari-txjvrBvIPL.jpg Ilustrasi mobil (freepik)

BAGI kalian yang kerap berkendara di malam hari penting untuk mengetahui beberapa tips berkendara aman. Pasalnya berkendara pada malam hari jauh lebih berisiko ketimbang pagi atau siang hari.

Pada malam hari pandangan sangat terbatas karena penerangan sendiri minim. Belum lagi kondisi tubuh yang tidak stabil, mengingat malam hari adalah waktunya tubuh untuk beristirahat.

Nah agar terhindar dari peristiwa yang tidak diinginkan, berikut ini adalah tips aman mengendarai mobil di malam hari, seperti dilansir dari Auto2000:

1. Gunakan headlights dengan bijak

Headlights adalah lampu utama yang terpasang pada setiap kendaraan. Lampu ini terbagi menjadi dua, yaitu sorot jauh (high beams) dan sorot rendah (low beams) yang masing-masing punya fungsi berbeda-beda.

Ketika berkendara di malam hari, gunakanlah kedua lampu ini dengan bijak. High beam hanya digunakan saat penerangan minim dan low beam ketika ada kendaraan mendekat atau sedang mengikuti mobil lain.

infografis 

2. Sesuaikan headlight dan kaca spion

Umumnya, penempatan headlight pada mobil sudah disesuaikan oleh pabrik. Akan tetapi, tidak ada salahnya apabila melakukan pengaturan ulang untuk memastikan posisinya sudah tepat.

Misalnya, memastikan lampu utama menerangi jalan tanpa menyilaukan pengemudi lain dari arah berlawanan. Lalu, pengaturan spion yang dibuat agak sedikit ke bawah untuk menghindari silau dari mobil belakang.

Atur spion bagian dalam ke pengaturan night atau auto dim.

3. Redupkan lampu dasbor dan indikator

Apabila mobil memiliki fitur dimmer switch, maka redupkanlah lampu dasbor dan lampu indikator untuk mengurangi silau. Menyetir mobil malam hari dengan pencahayaan minim berisiko meningkatkan visibilitas.

Apalagi jika dilakukan di wilayah pedesaan. Meredupkan lampu dasbor akan menghilangkan cahaya di kaca depan dan memungkinkan mata menyesuaikan penglihatan dengan keadaan gelap.

4. Jaga kecepatan dan jarak berhenti

Saat kondisi sudah gelap, kemampuan mata untuk mengenali suatu benda, penilaian jarak objek, pengenalan warna, dan kemampuan mengawasi sekeliling akan terganggu. Untuk itu jaga kecepatan dan jarak berhenti.

Menjaga kecepatan dan memberi jarak berhenti yang lumayan aman saat nyetir mobil malam hari akan meningkatkan keselamatan berkendara.

5. Waspada kondisi sekitar

Saat siang hari, mata bisa menjangkau jarak pandang hingga 200 meter ke depan, namun saat malam hari jarak tersebut berkurang hingga 150 meter saja. Itu pun sudah dibantu dengan lampu jauh.

Maka dari itu, perlu lebih waspada terhadap kondisi sekitar, terutama pada objek yang tidak mengeluarkan cahaya seperti hewan, orang berjalan, naik sepeda, dan lainnya.

Jika tidak memperhatikan sekitar dan mobil melaju dengan kecepatan tinggi, maka risiko kecelakaan makin tinggi.

6. Pakai kacamata anti-reflektif

Masalah yang kerap menyerang pengendara mobil saat malam hari adalah sorot lampu dari kendaraan arah berlawanan ataupun belakang. Belum lagi kalau kendaraan tersebut menggunakan lampu putih yang menyilaukan.

Oleh karena itu, mengingat ada banyak hal yang tidak dapat dikontrol ketika berada di jalan, maka ada baiknya menjaga diri sendiri. Cobalah gunakan kacamata anti-reflektif yang nampu meredam cahaya.

7. Pastikan tubuh dalam kondisi fit

Terakhir, agar aman berkendara pada malam hari adalah dengan memastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit. Jangan paksakan mengemudi apabila badan capek selepas bekerja.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini