Share

4 Penyebab Kampas Rem Motor Cepat Habis Tidak Merata

Tangguh Yudha, MNC Portal · Minggu 24 Juli 2022 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 53 2634716 4-penyebab-kampas-rem-motor-cepat-habis-tidak-merata-6OKUyUz4oh.jpg ilustrasi (Okezone)

PENGENDARA motor pasti pernah merasakan kampas rem motor cepat habis. Hal ini tentu meninggalkan tanda tanya besar, terlebih kalau kampas rem habisnya tidak merata.

Nah, ini sebenarnya tidak melulu karena kualitas kampas rem yang jelek tapi juga karena ada faktor lain. Berikut ini adalah penyebab kampas rem motor cebat habis tidak merata, melansir dari berbagai sumber.

 BACA JUGA: Ariel Noah Belum Mau Beli Motor Listrik, Apa Alasannya?

1. Tekanan rem tidak seimbang

Penyebab utama kampas rem motor cebat habis dan habisnya tidak merataa adalah karena tekanan rem yang tidak seimbang. Tekanan rem tidak seimbang sendiri disebabkan oleh kinerja kaliper yang kurang baik.

Solusinya adalah dengan membongkar kaliper rem dan membersihkannya. Seperti diketahui, seiring penggunaannya, kotoran pasti akan menumpuk di kaliper rem. Dan ini membuat kinerja kaliper terkendala.

 ilustrasi

2. Gaya berkendara

Kampas rem akan semakin cepat habis kalau pengguna kerap melakukan pengereman mendadak. Ini membuat gesekan rem dan piringan cakram bekerja lebih keras. Apalagi kalau dilakukan dalam kecepatan tinggi.

 BACA JUGA:Kabel Mana Saja di Motor Matik yang Doyan Digigit Tikus? Simak Jawabannya

Selain kecepatan, muatan juga memiliki pengaruh terhadap usia pakai rem. Beban yang semakin berat akan membuat kerja rem juga menjadi lebih berat dan akan cepat habis.

3. Kondisi jalan

Kondisi jalan juga berhubungan dengan semakin cepatnya kampas rem habis. Hal ini sangat beralasan karena kondisi jalan yang kurang bersahabat memungkinkan semakin sering menarik tuas rem.

 

4. Kapasitas mesin motor

Selain kondisi jalan, kapasitas mesin pun turut memberikan andil terhadap usia pakai rem yang cepat habis. Semakin besar kapasitas mesin maka akan menjadikan beban pengereman juga meningkat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini