Share

Awas, Ini Lho Efek Buruk Membiarkan Ban Mobil Kurang Angin

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 25 Juli 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 23 87 2634940 awas-ini-lho-efek-buruk-membiarkan-ban-mobil-kurang-angin-IqEwe7lqSO.JPG Ilustrasi (Foto: Truecar)

BAN menjadi salah satu komponen penting pada mobil mengingat ban bersentuhan langsung dengan aspal. Ban dengan kondisi kurang baik misalnya seperti kurang angin tentu akan mengundang petaka jika dibiarkan dalam kondisi itu terus menerus.

Banyak pengendara mobil yang kerap menyepelekan kondisi ban yang kurang angin. Padahal kurangnya tekanan angin pada ban bisa menjadi awal dari berbagai masalah, mulai dari kerusakan komponen lain hingga kecelakaan yang bisa berbahaya.

Hal yang paling mudah dirasakan akibat ban kurang angin di antaranya adalah pengendalian yang lebih berat dari biasanya. Mesin juga otomatis akan dipaksa bekerja lebih keras.

Untuk lebih lengkapnya, berikut efek buruk membiarkan ban mobil kurang angin, melansir dari berbagai sumber.

Infografis Mobil

1. Rawan Kecelakaan

Ban yang kurang angin akan sulit dikendalikan. Dalam kecepatan tinggi, tentu dapat memicu kecelakaan. Lambat laun laju kendaraan akan limbung, tak stabil, sehingga sulit untuk dikendalikan. Risiko ini akan lebih besar terjadi di jalan menurun dan menanjak.

2. Boros bensin

Ban yang kurang angin juga bisa membuat mobil menjadi boros bensin. Ini karena mobil akan berat untuk melaju dan mesin harus bekerja lebih keras. Mesin yang bekerja lebih keras, tentu saja akan menghabiskan lebih banyak bahan bakar.

3. Ban cepat botak

Ban merupakan komlonen yang bersentuhan langsung dengan aspal. Jika kondisi tekanan anginnya kurang, maka kompon ban berpotensi habis lebih cepat dari yang seharusnya. Belum lagi jika mobil kerap mengangkut beban berat, maka ban akan lebih cepat botak.

4. Ban mudah meletus

Tak hanya kelebihan angin, kekurangan angin pun bisa menyebabkan ban meletus. Ketika menggunakan kendaraan dalam kondisi ban kurang angin, permukaan akibat ban kurang angin bisa menjadi retak, bolong, dan rusak, bahkan meledak. Ban bisa meledak kapan saja.

Risiko ini akan semakin besar terjadi ketika melintas di jalan dengan kondisi ekstrem untuk itu penting untuk mengetahui tekanan angin ban yang normal. Ini bisa dilihat di manual book kendaraan atau bisa tanyakan langsung kepada montir berpengalaman.

Tekanan angin ban sendiri berbeda-beda setiap jenis mobil. Untuk informasi lebih detail tentang ukuran angin ban mobil standar pabrikan yang nyaman dan direkomendasikan adalah sebagai berikut:

Mobil MPV : (33-36) Psi;

Mobil City Car : (30 – 36) Psi;

Mobil Sedan : (30 – 33) Psi;

Mobil SUV : (35 – 40) Psi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini