Share

Penyebab Velg Mobil Peyang, Jangan Dianggap Sepele!

Tangguh Yudha, MNC Portal · Senin 25 Juli 2022 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 24 52 2635351 penyebab-velg-mobil-peyang-jangan-dianggap-sepele-fgPPJjktDa.jpg Ilustrasi ban mobil (Eyetyres)

VELG mobil mengalami penyok atau peyang seringkali terjadi. Ini tentu merupakan masalah yang serius karena akan berdampak pada stabilitas mobil.

Perlu diketahui bahwa ada banyak hal yang membuat velg mobil peang.

Berikut beberapa penyebab utama velg mobil peang, seperti dilansir dari blog resmi Daihatsu:

Sering Melewati Jalan Rusak

Penyebab utama velg mobil peang adalah karena kerap melintasi jalan rusak, berlubang, dan berbatu. Kerusakan velg akan lebih parah jika saat melewati jalan rusak tersebut mobil dipacu dalam kecepatan tinggi.

Tingkat kepeangan velg akan semakin parah lagi kalau mobil menggunakan profil ban tipis. Mengerem dengan keras saat menghantam lubang juga akan membuat velg peang, terutama di bagian depan.

 infografis

Ban Tidak Sesuai

Penyebab velg peang yang berikutnya adalah menggunakan ban yang tidak sesuai dengan karakter velg. Seperti yang sudah disampaikan, velg akan semakin peang apabila mobil menggunakan ban yang terlalu tipis.

Selain ban terlalu tipis, memasang ban dengan tapak terlalu lebar dan ban off-road berukuran terlalu besar juga bisa merusak velg. Jadi pastikan untuk selalu menggunakan ban yang direkomendasikan pabrikan.

Tekanan Angin

Selain dua penyebab di atas, hal yang bisa menyebabkan velg mobil peang adalah tekanan angin. Ban kurang angin apabila terjadi benturan maka akan sangat mudah membuat velg peang. Itu karena udara tidak cukup kuat menahan benturan.

Selain itu, pengisian tekanan angin yang berlebihan juga tidak baik. Sebab, hal tersebut akan membuat bantingan ban terasa lebih karena dinding ban samping jadi kaku.

Itu sebabnya sebelum melakukan perjalanan perlu memeriksa tekanan angin ban terlebih dahulu. Pastikan tekanan angin sesuai dengan instruksi pabrikan yang terdapat di manual book atau di dinding bagian dalam pintu mobil. (nia)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini