Share

Dampak Negatif AC Mobil Dibiarkan Kotor, Jangan Dianggap Sepele!

Novie Fauziah, Okezone · Selasa 26 Juli 2022 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 52 2635902 dampak-negatif-ac-mobil-dibiarkan-kotor-jangan-dianggap-sepele-IIfVwxmzbj.jpg Ilustrasi mobil (freepik)

SALAH satu komponen mesin terpenting dalam mobil adalah blower AC. Berfungsi sebagai sistem pendingin udara pada kabin, sehingga tidak penumpang tidak kepanasan dan juga pengap.

Kemudian udara yang melewati evaporator akan dibuat turun suhunya, yakni dengan bantuan freon atau refrigerant.

Akan tetapi akibat tugas mensirkulasikan udara ini membuat blower AC mobil bisa kotor. Bahkan ada bahayanya jika Anda tidak segera membersihkannya.

Bahaya yang diakibatkan kotornya blower AC di mobil, bukan hanya akan berpengaruh pada mesinnya saja, tapi juga terhadap kesehatan Anda.

infografis

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini efek negatif jika AC mobil kotor karena tidak dibersihkan.

1. Mengganggu Kenyamanan di Dalam Kabin

Jika AC pada mobil Anda kotor, maka akan mengganggu kenyamanan di dalam kabin, khususnya ketika sedang berkendara. Hawa dingin yang biasa dikeluarkan akan terasa berbeda, sehingga bisa mengganggu konsentrasi.

Jika gangguan itu terjadi maka, dikhawatirkan akan mengakibatkan risiko kecelakaan lalu lintas karena tidak adanya kenyamanan saat berkendara yang disebabkan AC mobil kotor.

2. Mengganggu Pernapasan

Efek negatif jika AC mobil Anda kotor, yaitu bisa mengganggu pernapasan pengemudi beserta penumpang di dalamnya. Hal ini karena pada blower yang penuh debu, sehingga tak terbantahkan jika sirkulasi udara di dalam kabin mobil jadi tidak bersih.

Selain itu, adanya hembusan gas freon akibat AC kotor akan masuk dalam kabin mobil. Kemudian mengakibatkan gangguan pernapasan dengan efek keracunan zat klorofluorokarbon berbahaya untuk tubuh Anda.

3. Menimbulkan Mual dan Mengantuk

Selanjutnya efek negatif dari AC mobil yang kotor, akan menimbulkan rasa mual dan juga mengantuk. Hal tersebut tentunya sangat berbahaya, terlebih bagi driver yang diharuskan untuk tetap fokus ketika berkendara.

Bahkan jika AC mobil benar-benar kotor, bisa saja berubah jadi zat beracun yang tentunya semakin membahayakan Anda di dalam kabin mobil.

4. Motor Blower Rusak

Lalu jika Anda membiarkan blower AC mobil yang kotor, bisa menyebabkan motor blower menjadi cepat rusak. Hal ini disebabkan dengan adanya penumpukan debu, yang menghambat pergerakan blower untuk berputar dan menghasilkan angin untuk menimbulkan udara yang dingin.

Oleh karena itu, Anda jangan sampai lalai dan melewatkan membersihkan AC mobil. Minimal enam bulan sekali Anda memeriksanya secara rutin.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini