Share

Kenali 4 Tanda Radiator Motor Rusak, Harus Segera Perbaiki

Novie Fauziah, Okezone · Selasa 26 Juli 2022 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 53 2635970 kenali-4-tanda-radiator-motor-rusak-harus-segera-perbaiki-3Y1sD21xeO.jpg Servis motor (Astra)

RADIATOR menjadi salah satu komponen terpenting pada sepeda motor. Tanpa adanya radiator, kendaraan tidak akan bisa berfungsi, karena fungsinya sebagai sistem pendingin pada mesin.

Seperti diketahui, cara kerja radiator sendiri untuk melepaskan panada yang dihasilkan oleh mesin yang kemudian dibuang ke udara. Sehingga mesin tetap bisa terkendali dengan baik, tanpa ada suhu panas berlebihan.

 BACA JUGA:Berkat Viral di Citayam Fashion Week, Bonge Kini Mampu Beli Motor

Lalu bagaimana cara mengetahui jika radiator motor Anda bermasalah? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini cara mengetahui jika komponen tersebut mengalami gangguan.

1. Sistem Pendingin Tidak Optimal

Salah satu ciri radiator pada motor Anda rusak, yaitu sistem pendinginnya tidak berfungsi secara optimal. Di mana fungsi radiator sendiri adalah untuk menurunkan suhu pada mesin, sehingga jika ini rusak maka mesinnya akan cepat memanas.

 ilustrasi

Penyebab dari sistem pendingin radiator tidak optimal, yaitu dikarenakan tutup radiator tidak tertutup dengan rapat. Sehingga udara panas bisa langsung masuk ke dalam.

 BACA JUGA:Yuk Kepoin Motor Bonge Si Artis Citayam Fashion Week

2. Air Reservoir Cepat Habis

Selanjutnya, ciri-ciri radiator pada motor Anda rusak adalah air di dalam reservoir cepat habis. Hal ini karena proses pendinginan yang ada tidak berfungsi dengan optimal.

Apabila sistem pendingin tidak bekerja secara optimal, maka dapat mengakibatkan cairan di dalamnya menjadi mudah menguap begitu saja.

3. Sirip Radiator Rusak

Lalu tanda berikutnya, yaitu sirip radiator rusak. Adanya kerusakan tersebut bisa diakibatkan beberapa faktor, seperti terbentur batu dan kerikil.

Apabila insiden itu terjadi, sehingga jalur cairan pendingin bisa tersumbat.

4. Selang Radiator Rusak

Adanya kerusakan pada radiator, yaitu diakibatkan selang radiator getas dan retak sehingga mengalami kebocoran di dalamnya.

Jika hal ini terjadi, maka Anda bisa langsung membawanya ke bengkel untuk memperbaikinya. Sehingga teknisi bisa mengecek kerusakan lainnya, yang mengakibatkan radiator Anda rusak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini