Share

10 PO Bus Paling Populer di Sumatera, Ada Favoritmu?

Tangguh Yudha, Jurnalis · Rabu 27 Juli 2022 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 26 52 2636411 10-po-bus-paling-populer-di-sumatera-ada-favoritmu-Lfb5ESWIeI.jpg Ilustrasi bus (freepik)

PERUSAHAAN otobus (PO bus) di Pulau Sumatera terdapat beberapa yang populer. 

 Hal ini tak lepas dari banyak sekali PO bus yang lahir dari pulau seluas 473.481 km² tersebut.

Setidaknya ada 10 PO bus paling populer di Sumatera. Penasaran apa saja? Berikut daftar lengkapnya, seperti dilansir dari berbagai sumber:

Medan Jaya

Perusahaan otobus paling populer di Sumatera yamg pertama adalah Medan Jaya. Ini karena Medan Jaya sendiri melayani berbagai trayek, yang terjauhnya adalah Medan-Jakarta atau sebaliknya.

Medan Jaya juga sering dijuluki sebagai sang peluru dari Medan karena terkenal dengan laju kendaraannya yang tinggi. Bus AKAP ini menjadi pilihan masyarakat yang ingin bepergian ke daerah lain.

SAN

PO SAN atau Siliwangi Antar Nusa didirikan didirikan oleh Haji Hasanuddin Adnan di Kota Bengkulu pada 30 Januari 1978. Keberadaan perusahaan ini berawal dari usaha angkutan barang dengan dua unit light truck.

PO SAN begitu populer di kalangan masyarakat Sumatera karena pelayanan yang diverikan. SAN sendiri pernah mendapat penilaian sebagai pelopor keselamatan oleh Kemenhub sebesar 75,62% dengan rating bintang 4.

Batang Pane Baru

Batang Pane termasuk salah satu Perusahaan Otobus yang populer dan verhasil berkembang pesat. Bagaimana tidak, sejak berdiri tahun 2002 silam, jumlah trayek yang dilayani perusahaan ini cukup banyak, terutama trayek ke beberapa daerah di Sumatera Utara.

Saat ini, bus Batang Pane baru termasuk salah satu armada yang cukup populer di Medan. Ada banyak tipe bus Batang Pane Baru yang bisa dipilih, mulai dari ftipe bus Ekonomi AC dengan konfigurasi kursi penumpang 2–3 hingga tipe bus VIP AC dengan konfigurasi kursi penumpang 2–2.

NPM

NPM atau Naikilah Perusahaan Minang atau NPM bukan hanya yang paling populer tapi juga tertua di Sumatera Barat, mungkin juga tertua di Indonesia. Perusahaan ini telah beroperasi sebelum kemerdekaan Republik Indonesia, yakni sekitar tahun 1937.

Didirikan di Padangpanjang, Minangkabau, Sumatera Barat NPM saat ini sudah berumur 85 tahun. NPM juga tercatat memiliki fans militan, yang jumlah anggotanya lebih dari 135.000 NPM Mania, sebutan untuk para pecinta PO NPM.

KAP

KAP atau Kurnia Anugerah Pusaka merupakan salah satu PO bus asal Sumatera yang cukup legendaris. Ini karena Kurnia sudah didirikan sejak, lama yakni tahun 1974 dan masih terus eksis hingga saat ini.

PO Kurnia memang diketahui sering menjadi pelopor dari setiap kemajuan moda transportasi khususnya bus. Saat semua PO di Indonesia belum memiliki armada bus premium, PO Kurnia menjadi perusahaan bus pertama yang meluncurkannya pada tahun 1996.

Makmur dan Halmahera

Makmur dan Halmahera merupakan dua PO bus yang menyatu. Pettama kali didirikan adalah Makmur pada tahun 1958 di Medan, Sumatera Utara. PO yang satu ini mendapat julukan raja, karena armadanya yang cukup banyak dijalurnya.

Kemudian seiring dengan berjalannya waktu, Makmur membeli Halmahera karena armada bus milik Makmur telah melebihi batas yang ditetapkan oleh Dishub. Namun karena permintaan masih cukup banyak akhirnya Makmur membeli Halmahera dan masih menjadi favorit sampai saat ini.

PMTOH

PMTOH atau Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan merupakan perusahaan otobus yang berasal dari Aceh. Perusahaan otobus ini juga menjadi salah satu yang favorit di Sumatera sejak pertama didirikan tahun 1957.

PMTOH menawarkan trayek terjauh AKAP hingga ke Pulau Jawa. Selain memang memiliki trayek AKAP, PMTOH juga jadi favorit karena menawarkan pelayanan terbaik kepada setiap penumpang, salah satunya prnggunaan sasis Mercedes-Benz.

Putra Pelangi

PO Putra Pelangi dikenal sejak 1990-an dengan nama Pelangi. Bus kebangaan masyarakat tanah Sumatera ini dikenal karena memiliki rute yang sangat jauh, salah satunya adalah Banda Aceh-Jakarta.

Rute tersebut memiliki jarak tempuh 2.524 km dan waktu tempuh yang dibutuhkan 55 jam. PO Putra pelangi masuk ke daftar PO bus dengan rute terjauh di Indonesia.

Sempati Star

Sempati Star yang juga masuk ke kategori PO bus terpopuler di Sumatera dengan pelayanan dan fasilitas terbaik. Perusahaan otobus ini melayani armada bus yang cukup mewah.

PO Sempati Star bahkan mendapat penilaian sebagai pelopor keselamatan oleh Kemenhub sebesar 79,53% dengan rating bintang 4. Sempati Star menjadi primadona bagi traveler karena pelayanannya yang maksimal.

ALS

Untuk yang sering berpergian dari Sumatera menuju Jawa ataupun sebaliknya pasti tidak asing lagi dengan perusahaan otobus yang satu ini, yang tidak lain dan tidak bukan adalah Antar Lintas Sumatera atau ALS.

Didirikan di Mandailing Natal Sumatera Utara pada tanggal 29 September 1966, ALS menjadi salah atu PO bus tertua di Indonesia. Tidak hanya itu, ALS juga dinobatkan sebagai bus yang memiliki trayek terjauh di Indonesia.

Bus ini terkenal sebagai Sang Penguasa jalur Sumatera-Jawa dan menjadi bus idola warga Pulau Jawa yang ingin bepergian ke daerah. Selain itu juga ALS terkenal dengan laju kendaraannya yang cepat. (nia)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini