Share

Mengganti Ban Mobil Sendiri di Tengah Jalan? Begini 8 Langkahnya

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Rabu 27 Juli 2022 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 26 52 2636728 mengganti-ban-mobil-sendiri-di-tengah-jalan-begini-8-langkahnya-SL97xi7wrV.jpg Buka ban mobil (Nissan)

MENGGANTI ban mobil sendiri di tengah jalan memang terlihat sulit. Namun jika anda sudah tahu caranya, dijamin anda bisa melakukannya sendiri.

Untuk anda yang kerap berpergian menggunakan mobil atau dalam waktu dekat akan melakukan perjalanan menggunakan mobil wajib tahu cara ini. Tentunya agar ketika terjadi sesuatu pada ban mobil, anda bisa dengan mudah melakukan perbaikan.

Lantas, bagaimana cara mengganti ban mobil sendiri di tengah jalan? Simak 8 langkahnya berikut ini.

Mengganti Ban Mobil Sendiri di Tengah Jalan

Sebelumnya, anda juga harus mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk mengganti ban. Seperti ban serep, dongkrak pas, kunci pas, dan lain-lain.

Jika sudah lengkap, berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk mengganti ban di tengah jalan:

1. Tepikan mobil ke lokasi yang aman

Saat anda menyadari ada masalah pada ban mobil, jangan panik dan langsung tepikan mobil ke pinggir jalan yang aman dengan hati-hati. Ingat, jangan melakukan rem mendadak atau mengubah arah. Karena hal tersebut bisa fatal dan menyebabkan kecelakaan.

Setelah menepi, anda bisa memasang tanda peringatan dekat dengan mobil anda agar pengendara yang lain bisa lebih berhati-hati. Anda juga bisa menyalakan lampu hazard sebagai salah satu tanda.

 ilustrasi

2. Persiapkan peralatan

Seperti yang telah ditulis sebelumnya, ada beberapa peralatan yang anda perlukan untuk mengganti ban. Peralatan tersebut antara lain dongkrak, kunci pas, dan ban cadangan. Anda juga bisa menyiapkan senter, sarung tangan, buku manual, tool kit, dan lain sebagainya.

3. Kendurkan baut pada ban

Mulailah dengan mengendurkan baut yang ada di ban dengan kunci roda. Caranya adalah dengan memutar baut roda secara berlawanan arah dengan jarum jam.

Jangan kendurkan baut hingga lepas apalagi jika dongkrak belum terpasang.

4. Angkat mobil

Fungsi dongkrak sangat dibutuhkan disini. Tempatkan dongkrak di bagian bawah mobil anda dengan posisi tegak lurus dengan tanah.

Titik pemasangannya ada pada area roda mobil. Anda bisa berjaga-jaga dengan menambahkan ban cadangan di bawah dongkrak, kalau-kalau dongkrak tidak bisa menopang bobot mobil.

5. Lepaskan ban

Saat mobil berhasil ditopang oleh dongkrak, lepaskan ban dengan cara mengendurkan bautnya hingga benar-benar lepas. Simpan baut di tempat yang aman agar anda tidak akan susah mencarinya lagi. Lalu, tarik ban hingga lepas.

6. Memastikan ban cadangan baik

Ketika ban sudah lepas, pastikan anda mengecek terlebih dahulu kondisi ban cadangan. Pastikan juga tekanan anginnya ideal. Jika sudah dirasa aman, masukan ban pada roda lalu kencangkan setiap bautnya untuk mengunci roda.

7. Lepaskan dongkrak

Jika sudah dipastikan baut terpasang dengan baik, turunkan mobil dan lepaskan dongkrak dengan pelan. Periksa lagi setiap bautnya untuk memastikan sudah aman.

8. Simpan kembali semua peralatan

Ketika sudah selesai semuanya, segera bereskan peralatan dan simpan lagi ke bagasi mobil anda.

Demikian cara mengganti ban mobil sendiri di tengah jalan. Semoga bermanfaat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini