Share

Cara Mendirikan PO Bus Sampai Beroperasi

Tangguh Yudha, MNC Portal · Kamis 28 Juli 2022 00:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 27 52 2636948 cara-mendirikan-po-bus-sampai-beroperasi-8GxsilN4WQ.jpg Ilustrasi bus (freepik)

MINAT masyarakat terhadap moda transportasi darat berupa bus masih sangat tinggi. Tak heran jika saat ini ada banyak perusahaan otobus (PO) baru yang bermunculan mencoba peruntungan.

Nah bagi kalian yang juga berminat untuk mendirikan PO bus jangan khawatir karena semua orang berkesempatan melakukannya. Berikut ini caranya, melansir dari berbagai sumber, Selasa (26/7/2022).

Untuk mendirikan PO bus, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan trayek. Bagi yang belum tahu, trayek adalah lintasan kendaraan umum maupun rute untuk pelayanan jasa angkutan orang.

Trayek ini berlaku tetap, baik lintasannya maupun jadwalnya. Soal trayek tidak bisa sembarangan. Untuk itu penentuan trayek menjadi komponen yang sangat penting ketika mendirikan PO bus.

Setelah menentukan trayek, penuhi beberapa persyaratan penting sebagai pendukung legalitas. Ajukan izin usaha angkutan ke Departemen Perhubungan dan pastikan trayek yang ditentukan belum penuh.

Ini karena jika trayek sudah penuh maka izin tidak akan disetujui. Hal ini dilakukan Departemen Perhubungan guna memastikan persaingan bisnis yang sehat anatar perushaaan otobus.

Berikut ini adalah syarat untuk mengajukan izin usaha angkutan:

 infografis

- Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

- Akta Pendirian Perusahaan

- Surat Keterangan Domisili Perusahaan

- Surat pernyataan kesanggupan untuk memiliki dan atau menguasai kendaraan bermotor

- Surat pernyataan kesanggupan untuk menyediakan fasilitas untuk penyimpanan kendaraan

- Memiliki kendaraan yang layak jalan yang dibuktikan dengan fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan fotokopi Buku Uji Kendaraan

- Memiliki fasilitas pool

- Surat pernyataan telah bekerja sama dengan pihak lain yang mampu menyediakan fasilitas jasa pemeliharaaan kendaraan bermotor

- Surat keterangan kondisi usaha, seperti dari permodalan dan sumber daya manusia

- Surat keterangan komitmen usaha seperti jenis pelayanan yang akan dilaksanakan dan standar pelayanan yang akan diterapkan

- surat pertimbangan dari Gubernur, dalam hal ini adalah Dinas Provinsi atau Dinas Kabupaten/ Kota yang membidangi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Jika semua syarat telah dipenuhi, maka tinggal mengajukan izin usaha angkutan dan menunggu izin dikeluarkan oleh Direktorat Perhubungan Darat. Apabila izin sudah keluar, maka armada bus sudah bisa beroperasi.

Itulah cara mendirikan PO. Untuk lebih lengkap dan jelasnya silakan datang ke badan terkait. Semoga beruntung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini