Share

Yuk Kepoin Mobil Tercanggih Dirakit di Indonesia, Begini Wujudnya

Tangguh Yudha, MNC Portal · Jum'at 29 Juli 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 28 52 2637619 yuk-kepoin-mobil-tercanggih-dirakit-di-indonesia-begini-wujudnya-y9XwVOpDHv.jpg Ilustrasi mobil (freepik)

PERKEMBANGAN teknologi semakin hari kian pesat. Tak heran jika saat ini banyak bermunculan mobil-mobil dengan teknologi yang canggih yang dapat memberikan kenyamanan ekstra saat berkendara.

Salah satu mobil canggih yang sukses menyabet tiga gelar sekaligus adalah Hyundai IONIQ 5. Mobil listrik ini meraih penghargaan World Car of the Year 2022, World Electric Vehicle 222, dan World Car Design 2022.

infografis

Penghargaan didapat dari ajang World Car Awards setelah mengalahkan 28 kontestan lainnya. Dengan diperoleh melalui penilaian enam pakar dari Prancis, Jerman, Jepang, Inggris dan Amerika Serikat.

Nah menariknya, mobil canggih ini diproduksi di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat. Mobil menorehkan sejarah di industri otomotif Tanah Air karena menjadi mobil listrik murni (Battery Electric Vehicle) pertama yang diproduksi secara massal di Indonesia.

Dalam momen peluncurannya beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut meresmikan mobil yang satu ini. Presiden juga turut meninjau langsung pabrik untuk melihat produksi mobil canggih tersebut.

"Mobil ini menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia yang diproduksi untuk memenuhi pasar Indonesia maupun pasar ekspor," kata Presiden Jokowi.

IONIQ

Mobil listrik IONIQ 5 sendiri hadir dengan tampang yang futuristik. Masuk ke interiornya, bukan hanya menawarkan kemewahan tapi juga ramah lingkungan karena dibuat dari materi alami dan daur ulang.

Untuk performanya, di atas kertas mobil listrik keluaran Hyundai ini memiliki kecepatan maksimal 185 km/jam dengan akselerasi 0 sampai 100 km/jam bisa tercapai dalam waktu 8,5 detik.

Terkait dayanya dibekali dengan baterai dalam dua pilihan, yakni 58 kWh dan 72,6 kWh. Baterai tersebut sudah dibekali pengisian daya cepat 350 kW yang mampu terisi 80% dalam waktu sekitar 18 menit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini