Share

Riwayat Yamaha RX-King, Si Raja Jalanan yang Eksis Sejak 70-an hingga Disuntik Mati

Tangguh Yudha, Jurnalis · Jum'at 29 Juli 2022 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 28 53 2637961 riwayat-yamaha-rx-king-si-raja-jalanan-yang-eksis-sejak-70-an-hingga-disuntik-mati-Dl66ERFXa6.jpg Yamaha RX-King (bursamotorbekas)

YAMAHA RX-King termasuk motor yang melegenda di Indonesia. Motor 2-tak dengan mesin super bandel dan suara yang melengking membuatnya begitu digandrungi di masanya. Karena gaharnya, Yamaha RX-King pun dijuluki sebagai Raja Jalanan.

Yamaha RX-King mengaspal di Indonesia sejak 1977. Generasi pertama dibekali mesin berkapasitas 100cc dengan tenaga 11,5 dk yang mampu melesat hingga kecepatan 110 km/jam.

 BACA JUGA:Daftar Motor Murah di PEVS 2022, Yuk Buruan Serbu!

Seiring berjalannya waktu, Yamaha RX-King terus mendapat beberapa ubahan. RX-King generasi pertama kemudian mulai digantikan dengan RX125, RX-K, RX-S, RX-Special, hingga akhirnya dilahirkan Yamaha RX-King Cobra yang sangat melegenda di Indoensia pada 1983.

Yamaha RX-King Cobra meluncur dengan mesin berkapasitas lebih besar, yakni 135cc. Motor ini sangat digilai karena memang secara desain dan spesifikasi sangat memukau. Ini lantaran Yamaha sendiri membuat motor yang satu ini tidak asal-asalan.

 BACA JUGA:Sederet Motor Listrik Bisa Dijajal di PEVS 2022, Yuk Dicoba!

Yamaha melakukan survey ke berbagai daerah sebelum merilis Yamaha RX-King Cobra. Hingga lahirlah mesin "jet darat" Yamaha RX-King Cobra dengan kode Y1-Y2 dengan power maksimal 18,2 dk dan torsinya 15,1 Nm. Yamaha RX-King Cobra pun sangat berjaya selama bertahun-tahun.

Setelah tiga dekade lebih merajai jalanan di Indonesia, Yamaha akhirnya menyuntik mati produksi RX-King pada 2009, karena terganjal masalah standar emisi gas buang. Meski demikian, Yamaha masih memproduksi suku cadang RX-King dalam jumlah terbatas.

ilustrasi

Aura legenda Yamaha RX-King masih terus terpancar hingga saat ini. Tren Yamaha RX-King nyatanya masih belum mati. Onderdilnya pun masih bisa ditemukan di pasaran.

Menariknya, Yamaha RX-King kini memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Bahkan komedian Ade Jigo menukar RX-King dengan mobil Mercedes-Benz CLS 350 seharga Rp1 miliaran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini