Share

Mengenal Fungsi Garis-Garis Vertikal Kaca Belakang Mobil

Rina Anggraeni, Sindonews · Minggu 31 Juli 2022 08:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 29 52 2638787 mengenal-fungsi-garis-garis-vertikal-kaca-belakang-mobil-pgPfv0BA3F.jpg Defogger atau garis-garis vertikal di kaca belakang mobil (Autojunction)

ADA fungsi garis-garis vertikal kaca belakang mobil yang jarang diketahui oleh pengendara mobil. Garis-garis tersebut dibuat oleh pabrikan mobil bukan sebagai variasi, melainkan bermanfaat untuk meningkatkan suhu.

Direktur PT Maxpro Adi Perkasa Andre Susanto mengatakan, garis tersebut akan terasa manfaatnya ketika mobil berada di suhu dingin.

 BACA JUGA:Begini Cara Sewa Mobil Listrik Toyota, Mitsubishi, Nissan, dan Isuzu di Bali

"Itu defogger namanya, lebih ke antikabut. Kalau ke daerah pegunungan atau dingin, itu berfungsi karena mengurangi kabut," jelas Andre katanya

Ia menambahkan, untuk mobil-mobil di daerah yang bersuhu panas defogger tidak terlalu berfungsi. "Kalau kayak dipakai di mobil di Jakarta, enggak terlalu berfungsi karena enggak ada kabut," tambahnya.

 ilustrasi

Fungsi garis-garis vertikal kaca belakang mobil alias defogger menggunakan sistem elektronik. Saat diaktifkan, aliran listrik akan memberi energi panas ke permukaan kaca sehingga kabut tidak akan menempel. Untuk mengaktifkannya, bisa dilakukan dengan cara menekan tombol di dasbor.

Selain itu fungsi defogger pada mobil utamanya adalah untuk membersihkan kaca depan dari air dan emun yang menganggu jarak padang sehingga dapat meningkatkan visibilitas yang aman dan nyaman saat berkendara.

 BACA JUGA:BBM Naik Terus, Masyarakat Mulai Melirik Mobil Listrik

Perangkat ini juga dikenal sebagai 'defroster' atau 'demister'. Fitur Defogger ini biasanya digunakan selama musim hujan.

Di bagian belakang, cara kerja defogger justru lebih sederhana. Garis-garis yang menempel pada kaca merupakan elemen panas. Sistem akan memanaskan elemen tersebut sehingga embun bisa cepat hilang dari kaca. Ketika dipegang, elemen tidak akan terasa panas. Defogger belakang memiliki cara kerja yang mirip seperti kompor listrik, yang mana panas diinduksikan ke seluruh permukaan kaca.

Dengan memahami fungsi utama defogger, tentu Nissan Lovers tidak akan meremehkan keberadaan garis-garis cokelat di kaca belakang mobil. Seperti keberadaan defogger pada kaca belakang Nissan March pastinya akan menjamin visibilitas berkendara saat melaju dengan mobil bergaya urban ini. Dasboard pada city car terbaik, Nissan March juga mudah dijangkau oleh pengendara, lengkap dengan fitur Display Informatif yang mencatat setiap hal mulai dari Trip Information, Intelligent Fuel Sensor, Rest Reminder, hingga Birthday & Anniversary Reminder dalam satu perangkat.

Lantas, bisakah kaca mobil yang memiliki defogger dipasangi kaca film? Andre mengatakan, meski lapisan film dipasang di bagian dalam kaca tetap tidak akan menggangu fungsi defogger.

"Saat dipasangi kaca film, enggak ada masalah. Bisa dipasang dan enggak akan ganggu fungsi defogger-nya," pungkas dia

Pada umumnya, fungsi garis-garis vertikal kaca belakang mobil dalam situasi ini, menjadi sangat sulit bagi pengemudi untuk melihat jarak pandang jalan dan kendaraan lain karena visibilitas jarak pandang yang buruk. Oleh karena itu, produsen menggunakan defogger di mobil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini