Share

5 Alasan Orang Lebih Memilih Motor Listrik, Apa Saja?

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Minggu 31 Juli 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 30 53 2638976 5-alasan-orang-lebih-memilih-motor-listrik-apa-saja-o0tQraeIbQ.jpg Sepeda Motor Listrik di PVS 2022 (dok MPI/Tangguh Yudha)

TERDAPAT lima alasan orang lebih memilih motor listrik. Di era teknologi maju seperti saat ini, pemanfaatan teknologi terbarukan menjadi dobrakan yang mulai melirik pasar Indonesia. Salah satunya adalah kehadiran motor listrik.

Ya, kendaran ramah lingkungan ini diketahui memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan motor konvensional. Sebab, motor satu ini tidak menggunakan bahan bakar minyak.

Lantas, apa saja alasan orang lebih memilih motor listrik? Untuk mengetahuinya, simak rangkuman berikut ini.

Terkenal Ramah Lingkungan

Teknologi terbarukan satu ini yang menggunakan listrik tidak mengeluarkan emisi gas yang menyebabkan pencemaran udara. Motor ini tidak mengeluarkan asap dari knalpot dan tentunya tidak ada karbondioksida yang terbuang.

infografis

Memiliki Suara Mesin yang Halus

Umumnya, motor konvensional memiliki suara mesin yang bising dan bahkan mengganggu. Berbeda dengan pengguna motor listrik sebab mesin motor listrik ini bebas polusi suara. Sehingga membuat pengendara tak sungkan bila melewati gang-gang kecil.

Lebih Efisien

Motor listrik juga memiliki efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan sepeda motor biasa. Bahkan dapat dikatakan efisiensinya 3 kali lipat lebih irit. Sehingga, bagi mereka yang mengendarai motor untuk aktivitas setiap hari dapat lebih hemat.

Seperti contoh, sepeda motor Gesits yang menggendong baterai Li-NCM 72v 20Ah yang diletakkan di bagasi ini beratnya hanya 8 kg dengan pengecasan 3-4 jam, durasi pengecasan 1.000 kali, dan diberikan garansi selama tiga tahun. Uniknya lagi, baterai bisa digunakan untuk menempuh jarak 50 km dan bagasinya mampu memuat hingga dua baterai. Sehingga jika digunakan semuanya maka jarak tempuh menjadi sekitar 100 km.

Akselerasi yang Responsif

Motor listrik tentunya memiliki akselerasi lebih baik dibanding motor yang memakai Bahan Bakar Minyak (BBM). Pada motor Gesits terdapat tiga mode yang bisa digunakan pengendara, yaitu ECO dengan batasan 45 km per jam, Urban dengan batasan 60 km per jam, dan Sport dengan batasan 70 km per jam.

Sementara, akselerasi 0 hingga 50 km per jam diklaim selama lima detik, namun kecepatan maksimalnya dibatasi 70 km per jam.

Perawatan yang Mudah dan Murah

Perawatan motor listrik juga dapat dikatakan lebih mudah, terutama dalam servis atau perawatan. Apalagi, komponennya juga lebih sedikit dibanding motor konvensional. Gesits sendiri menggunakan teknologi LED untuk lampu depan, belakang, dan sein. Sementara untuk rem cakram ada di ban depan dan belakang, serta pelek yang digunakan berukuran 14 inci. (nia)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini