Share

Ini Efek Buruknya Membiarkan Paku Lama Menancap di Ban Mobil

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 01 Agustus 2022 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 31 52 2639527 ini-efek-buruknya-membiarkan-paku-lama-menancap-di-ban-mobil-1uWHNd4hb1.jpg Ilustrasi ban mobil tertancap paku (Shutterstock)

HAMPIR semua pengendara mobil pasti pernah mengalami kejadian tidak mengenakan seperti melindas paku. Beruntung jika mobil menggunakan ban tubeless karena ban tidak akan cepat kempis.

Tapi meski demikian, perlu diketahui bahwa membiarkan paku lama menancap di mobil dapat memberikan efek buruk. Untuk itu paku harus segera dicabut meskipun sudah menggunakan ban tubeless sekalipun.

 BACA JUGA:Mengenal Berbagai Kunci Ban Mobil dan Fungsinya, Jangan Salah Ya!

Ban tubeless sendiri sebenarnya hanya mampu bertahan sekitar 1-2 hari untuk meminimalisasi angin keluar. Jadi, bukan berarti paku bisa dibiarkan.

 Ilustrasi

Selama baut atau paku tidak dicabut, maka bisa saja menyangkut di batu atau lubang dan kemudian copot. Kalau paku copot dari ban sudah tentu angin akan habis dan ban akan mulai kempis.

 BACA JUGA:3 Tips Mencegah Ban Mobil Meledak saat Suhu Panas Ekstrem

Belum lagi jika ban menjadi sobek atau menjadi jalur masuk air jika pengemudi melewati genangan air. Jika dibiarkan terus menerus maka bukan tidak mungkin akan menimbulkan karat pada velg.

Kalau sudah begitu, maka akan sangat merugikan dan berisiko menimbulkan bahaya. Untuk itu jika ban melindas paku, lebih baik segera bawa mobil kebengkel agar paku dicabut dan ban ditambal.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini