Share

Mengenal Mobil Listrik Punya Daya Jangkau Terjauh di Dunia

Tangguh Yudha, MNC Portal · Selasa 02 Agustus 2022 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 01 52 2639757 mengenal-mobil-listrik-punya-daya-jangkau-terjauh-di-dunia-OMpS4by8VQ.jpg Ilustrasi mobil listrik (freepik)

PERKEMBANGAN mobil listrik semakin hari kian melesat. Kini bahkan sudah muncul mobil listrik yang memiliki jarak tempuh bukan kaleng-kaleng, yakni lebih dari 1.000 km dalam sekali pengecasan.

 Melansir Insider, Mercedes-Benz Vision EQXX berhasik menjadi mobil listrik  dengan daya jangkau terjauh di dunia.

Mercedes-Benz Vision EQXX berhasil menempuh jarak 1.200 km berhenti untuk mengisi daya, mengalahkan rekor sebelumnya. Perjalanannya melewati Stuttgart, Jerman, hingga ke Silverstone di Inggris.

infografis

Dengan perjalanan itu, Mercedes-Benz dengan mudah mengalahkan setiap kendaraan listrik yang dijual hari ini. Bahkan Tesla Model S dengan jarak 643 km dan Lucid Motors dengan jarak 836 km harus bertekuk lutut.

Padahal sebelumnya jarak tempuh kedua mobil tersebut sangat mengesankan. Menjadikan mereka sebagai mobil listrik dengan jarak tempuh terjauh yang direkomendasikan dan menjadi favorit di pasaran.

Dalam mewujudkan mobil listrik dengan jarak tempuh terjauh di dunia, Mercedes membuat Vision EQXX seringan dan aerodinamis mungkin, karena bobot dan hambatan udara adalah dua musuh terbesar jangkauan.

Mercedes juga mengembangkan baterai baru khusus untuk Vision EQXX. Kapasitasnya mencapai 100 kWh, kapasitas yang hampir sama dengan yang ada di sedan mewah EQS namun bobotnya 30% lebih ringan.

Mercedes mengklaim pengisian dayaVision EQXX sebanyak 15% mampu memberikan jarak tempuh hingga 140 km. Konsumsi daya baterai rata-rata berada di rekor terendah, yakni 8,7 kWh per 100 km.

Tapi untuk diketahui, Mercedes -Benz Vision EQXX sendiri masih sebatas prototipe yang sudah berhasil di uji coba. Pabrikan asal Jerman itu belum berencana untuk benar-benar menjualnya.

Vision EQXX ini adalah kendaraan penelitian yang sangat efisien yang dibuat oleh Mercedes untuk menguji teknologi baru dan menjelajahi batas jangkauan kendaraan listrik.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini