Share

5 Penyebab Kaca Mobil Macet, Jangan Dianggap Sepele!

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 03 52 2641091 5-penyebab-kaca-mobil-macet-jangan-dianggap-sepele-d7kUYCi9cc.jpg Ilustrasi mobil (freepik)

SERINGKALI kaca mobil atau power window macet dialami sejumlah pengendara. Ini sangat menjengkelkan terlebih jika terjadi saat hendak membayar tol atau saat hujan.

Perlu diketahui bahwa kaca mobil macet itu terjadi karena ada beberapa sebab. Nah berikut ini adalah penyebab kaca mobil macet seperti dilansir dari blog Auto2000:

1. Terjadi Korsleting Sekring

Power window terdiri dari berbagai komponen, salah satunya sekring atau fuse. Sekring ini berpotensi mengalami korsleting apabila tidak dilakukan pemeriksaan berkala. Kalau sudah begini, maka kaca mobil akan macet.

 infografis

2. Sakelar Terbakar

Korsleting sendiri bisa disebabkan oleh sakelar yang terbakar. Bisa juga dikarenakan plastik pada sakelar sudah aus. Kedua hal tersebut menjadi penyebab utama kaca mobil tidak berfungsi secara maksimal.

Sistem kelistrikan yang bermasalah pada mobil harus segera diperbaiki oleh mekanik profesional. Supaya tidak menimbulkan permasalahan lain yang mungkin muncul.

3. Dinamo Power Window Bermasalah

Dinamo berfungsi menjalankan regulator agar kaca mobil dapat dibuka. Apabila dinamo bermasalah dapat menyebabkan kaca mobil tidak dapat berfungsi dengan baik dan kaca mobil tidak dapat dibuka.

4. Lepasnya Dudukan Regulator Kaca Mobil

Dudukan regulator memiliki peran penting dalam proses membuka kaca mobil. Hal ini karena regulator berfungsi sebagai penggerak kaca dengan bantuan motor pada kaca mobil.

Masalah yang sering timbul pada regulator disebabkan oleh gerigi yang aus dan dudukan yang terlepas. Apabila ini terjadi maka kaca mobil akan sulit untuk dinaik-turunkan.

5. Kurangnya Perawatan Kaca Mobil

Debu atau kotoran dapat menempel pada kaca mobil dan power window. Apabila dibiarkan, maka debu akan semakin menumpuk dan menyebabkan power window tidak bisa berfungsi secara maksimal.

Selain menyebabkan masalah pada power window, debu yang menumpuk bisa membuat kaca mobil mengalami baret. Sebab itu, penting sekali membersihkan mobil dengan cara mencucinya secara rutin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini