Share

Tips Memanaskan Mobil yang Jarang Dipakai

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 03 52 2641105 tips-memanaskan-mobil-yang-jarang-dipakai-8qqcCygi2S.jpg Ilustrasi mobil (freepik)

BAGI pemilik mobil jarang pakai, penting untuk mengetahui bahwa mobil tersebut harus selalu dipanaskan. Ini dilakukan untuk memastikan mobil tetap dalam kondisi prima.

Memanaskan mobil termasuk upaya meningkatkan daya listrik pada aki mengingat daya listrik akan berkurang apabila mesin tidak dinyalakan. Selain itu juga akan membantu oli melumasi mesin secara merata.

Untuk diketahui, mobil yang tidak dinyalakan dalam waktu yang cukup lama maka olinya akan turun. Jika tidak dipanaskan akan mengakibatkan sebagian mesin menjadi kering.

Memanaskan mobil sendiri sebenarnya tidak perlu lama-lama, apalagi kalau mobil sudah dilengkapi teknologi injeksi. Nah berikut ini adalah tips memanaskan mobil yang jarang pakai, melansir dari blog Auto2000:

1. Perhatikan Durasi Memanaskan Mobil

Durasi untuk memanaskan mobil sebenarnya tergantung dengan teknologi mesin yang digunakan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, apabila sudah injeksi, cukup menyalakan mobil sekitar 5 menit saja.

Berbeda dengan mobil yang menggunakan karburator atau berusia tua dengan teknologi lawas, durasi memanaskan mobil berkisar antara 10-15 menit. Memanaskan mobil perlu dilakukan setidaknya seminggu 2 kali.

 infografis

2. Buka Semua Jendela Mobil

Mobil yang jarang dipakai kemungkinan memiliki sirkulasi udara yang buruk. Untuk itu, saat memanaskan mobil, sebaiknya buka semua jendela agar sirkulasi udara tetap bersih dan nyaman.

3. Jangan Menginjak Pedal Gas

Tidak perlu menginjak gas saat memanaskan mobil. Biarkan saja mesin mobil mencapai putaran idle hingga indikator temperatur mesin naik. Menginjak gas saat mobil dipanaskan hanya akan membuang bensin.

4. Panaskan Mobil di Tempat Terbuka

Seperti diketahui bersama, gas yang keluar dari knalpot sangat berbahaya bagi kesehatan. Jika memanaskan mobil dilakukan di ruang tertutup, maka bukan tidak mungkin akan mengalami keracunan.

Sebaiknya oanaskan mobil ditenpat terbuka. Atau jika tidak memungkinkan, bisa di ruangan tertutup seperti garasi namun pastikan pintu garasi dibuka agar ada sirkulasi udara.

5. Mengecek Kondisi Mobil

Sembari menunggu mobil dipanaskan, cek kondisi keseluruhan mobil melalui panel instrumen. Pastikan semua komponen bekerja dengan baik dengan cara mengamati indikator-indikator di dasbor.

Jika tidak ada lampu indikator yang menyala, artinya mesin mobil aman dan dalam kondisi prima.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini