Share

Mengenal Mobil Pertama Gunakan Wiper di Dunia, Dipatenkan Tahun 1903

Tangguh Yudha, MNC Portal · Selasa 09 Agustus 2022 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 08 52 2643735 mengenal-mobil-pertama-gunakan-wiper-di-dunia-dipatenkan-tahun-1903-2MEfwdg1ql.jpg Ilustrasi mobil (freepik)

WIPER menjadi fitur penting yang wajib ada pada mobil. Wiper berguna untuk menyeka kaca mobil apabila kotor atau saat kondisi hujan agar pengendara dapat melihat jelas ke depan.

Meski demikian, jarang yang tahu bahwa ide penggunaan wiper sebenarnya sudah ada sejak lebih dari satu abad lalu. Ide ini tercetus oleh seorang pengusaha wanita bernama Mary Anderson.

Wiper pertama kali digunakan oleh Mary Anderson yang merupakan seorang pengembang real estate, peternak sapi, dan pengusaha anggur. Wiper dipatenkan olehnya pada tahun 1903.

Ide muncul saat dirinya tengah mengendarai trem di New York City pada tahun 1902 di tengah hujan badai. Anderson memperhatikan pengemudi trem berjuang mati-matian menyeka kaca secara manual untuk visibilitas.

infografis

Setelah melihat kejadian itu, ia lantas mulai mendesain wiper kaca depan untuk mobil. Wiper ini dapat dioperasikan pengemudi tanpa harus membuatnya berjuang keras menyeka kaca secara manual.

Seperti dilansir dari The News Wheel, wiper pertama rancangan Anderson dibuat menggunakan bahan kayu dan karet. Pengoperasiannya dilakukan dengan menggunakan tuas.

Saat itu wiper belum dapat dioperasikan secara otomatis. Untuk menggerakannya pengemudi harus tetap mengoperasikan tuas secara terus menerus yang tentu ini akan mengganggu konsentrasi pengemudi.

Seiring berjalannya waktu, teknologi wiper semakin berkembang. Hingga akhirnya pada tahun 1919 wiper kaca depan otomatis diperkenalkan oleh seorang penemu bernama William M. Folberth.

Ia kemudian mematenkan wiper kaca depan otomatis pertama yang tidak digerakkan dengan tangan pada tahun 1919. Wiper kaca depan otomatis ini menggunakan sistem bertenaga vakum.

Temuan William ini sangatah eksis dan banyak digunakan hingga tahun 1960-an. Kemudian pada tahun 1969, seorang profesor teknik bernama Robert Kearns memperkenalkan wiper yang lebih canggih.

Wiper buatan Robert lantas berhasil menarik perhatian Ford Motor Company. Keduanya pun sepakat bekerja sama meskipun beberapa tahun setelahnya terjadi perselisihan paten antara Robert dan Ford.

Bisa dibilang penggunaan wiper pertama kali dilakukan oleh mobil-mobil Ford, mengingat memang pabrikan asal Amerika Serikat itu menggunakan teknologi wiper yang benar-benar matang dan ini dilakukan secara massal.

Sekarang, wiper kaca menjadi fitur standar yang wajib ada pada mobil. Bahkan industri otomotif telah memperkenalkan wiper yang dapat beroperasi secara otomatis ketika mendeteksi adanya hujan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini