Share

Alasan Mobil Jangan Dicuci Setelah Coating

Tangguh Yudha, MNC Portal · Selasa 09 Agustus 2022 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 08 52 2644188 alasan-mobil-jangan-dicuci-setelah-coating-7frKVk3bF8.jpg Ilustrasi mobil (freepik)

ISTILAH coating tentu sudah tidak asing lagi, utamanya bagi mereka yang gemar mempercantik tampilan mobil. Ya coating adalah sebuah proses pelapisan pada permukaan car mobil yang dapat membuat warna cat lebih mengkilap.

Meskipun banyak yang tahu apa itu coating, namun sangat jarang yang paham bawa mobil yang habis dicoating pantang untuk langsung dicuci. Ini bukan tanpa alasan, karena hal tersebut dapat membuat hasil coating tidak maksimal atau malah rusak.

infografis

Seperti melansir dari berbagai sumber, hasil coating sendiri butuh proses pengeringan yang baik untuk memastikan lapisannya solid. Setelah cat mobil dicoating, dianjurkan untuk melakukan pengeringan paling tidak dalam kurun waktu 3-4 hari.

Usahakan agar selama proses pengeringan jangan sampai coating terkena air. Kalaupun terlanjur terkena air atau mobil terpaksa dicuci, pastikan air bebas dari shampoo mobil karena zat kimia yang terkandung di dalamnya bisa merusak hasil coating.

Saat mengelap pun jangan sampai menggunakan bahan chamois atau kanebo lantaran jenis kain pembersih ini punya potensi merusak lapisan karena tidak memiliki pori. Sebaiknya pakailah bahan microfiber yang halus.

Hasil coating sebaiknya dimintenance setiap enam bulan sekali. Ini untuk melihat kondisi coating tetap dalam kondisi terbaik. Disarankan lakukan prawatan untuk mobil dengan rutin mewaxing dan melihat kondisi coatingnya. (nia)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini