Share

Jangan Panik, Lakukan Ini jika Mobil Anda Tiba-Tiba Mogok di Rel Kereta

MNC Portal, Jurnalis · Senin 08 Agustus 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 08 87 2643681 jangan-panik-lakukan-ini-jika-mobil-anda-tiba-tiba-mogok-di-rel-kereta-GVxPPI9frP.JPG Mobil ringsek tertabrak kereta api (Foto: MPI)

BANYAK kasus kecelakaan di rel kereta api. Tak jarang penyebabnya ialah lantaran pengemudi terjebak di tengah rel karena mesin mobilnya mati mendadak.

Nah, untuk kasus seperti itu bagi anda pengendara yang seringkali melintasi jalur perlintasan kereta api perlu mengetahui cara menghidupkan mobil yang mogok tiba-tiba.

Jika mobil mengalami mogok saat melintasi rel kereta api pastinya akan membuat pengemudi panik bukan kepalang. Apalagi jika palang perlintasan telah tertutup sehingga ia terjebak dan terjadilah kecelakaan.

Namun tahukah anda, bila mobil seketika mogok di rel kereta ada penyebabnya. Bukan dari mesin mobil namun bersumber dari rel yang dilalui.

Mobil Ditabrak KA

(Foto: MPI)

Mengutip laman Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI), rel kereta api mengandung emisi elektromagnetik atau kabel penghantar listrik yang terpasang. Kabel ini rupanya tidak cocok dengan mesin mobil.

Terlebih bila kereta api melintas dalam jarak sekitar 600 meter yang kemudian mengirimkan medan magnet yang tinggi, inilah yang bisa menyebabkan mobil mogok.

Itulah sebabnya petugas palang pintu mulai menutup perlintasan ketika jarak kereta api masih dalam radius satu kilometer.

Bila kendaraan melintasi rel kereta dengan kecepatan rendah dan tidak menggunakan gigi rendah maka putaran dinamo dan koil bisa saja mati karena medan magnet dari lokomotif.

Nah, jika anda pernah menghadapi situasi mobil mogok di tengah rel kereta, ada baiknya simak tips berikut ini agar anda selamat:

1. Tetaplah tenang dan jangan panik agar bisa berpikir jernih

2. Segera bunyikan klakson seraya menyalakan starter mobil terus-menerus

3. Segera tinggalkan mobil anda bila kondisi semakin darurat dan mengancam jiwa.

Setidaknya, cara tersebut bisa anda coba. Metode ini efektif memutus medan magnet dan rangkaian listrik yang ada di sekitarnya. Tetaplah utamakan keselamatan dalam berkendara ya Okezoners.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini