Share

Asyik! Bus Buatan Karoseri Indonesia Dilengkapi Teknologi Keselamatan Canggih

Wahyu Sibarani, Koran Sindo · Rabu 10 Agustus 2022 00:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 52 2644392 asyik-bus-buatan-karoseri-indonesia-dilengkapi-teknologi-keselamatan-canggih-NrPcuzcPg5.jpeg Bus Karoseri buatan Indonesia (dok Adiputro/Sindonews)

BUS karoseri buatan Adiputro dan Tentrem akan dilengkapi Internet of Thing (IoT) dan Artificial Intelligence buatan PT Teknologi Karya Digital Nusa (PT TKDN).

Adopsi teknologi Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan kreasi PT Teknologi Karya Digital Nusa (TKDN).

Diketahui teknologi IoT buatan TKDN itu merupakan bagian dari TAM Fleet (TKDN Advance Mobility). Pemasangan IoT dan AI akan menawarkan berbagai teknologi canggih.

infografis

Beberapa di antaranya adalah Driver Safety Monitoring (DSM) yang dapat memberikan Driver Behavior Analysis untuk memantau perilaku pengemudi agar tidak melakukan pelanggaran selama armada beroperasi.

Ada juga fitur Blind Spot Detection yang menggunakan 3D depth camera with AI yang mampu mendeteksi keberadaan pejalan kaki maupun kendaraan disekitar armada dengan keakuratan mencapai 95% sehingga dapat meminimalisir kecelakaan lalu lintas. 

Perangkat lain dari TAM Fleet seperti Advanced Driver Assistance System (ADAS) dan Indicator R-Watch bermanfaat untuk memberikan peringatan awal jika armada kendaraan terdeteksi menyimpang dari jalur, melewati batas kecepatan ataupun jika terjadi potensi tabrakan depan.

Nah, seluruh fitur-fitur keamanan yang canggih itu ke depannya akan terpasang di bus-bus karoseri buatan Adi Putro dan Tentrem. Hal itu menyusul ditandatanganinya MoU antara PT TKDN dengan Adiputro dan Tentrem. 

"Kerjasama kali ini ditargetkan sebanyak 100 unit hardware IoT TAM Fleet yang akan dipasang ke dalam armada bus Adiputro termasuk di dalamnya 30 unit bus untuk Akap PO Bintang Timur dan juga dipasang pada 50 unit armada milik Karoseri Tentrem. Kedepannya kami harap akan lebih banyak lagi serta dengan sistem teknologi terkini lainnya untuk mengusung angkutan berkeselamatan", ujar Presiden Direktur TKDN, David Santoso.

Direktur Adiputro, David Jethrokusumo mengatakan akan terus berkomitmen untuk mendorong peningkatan kualitas perusahaan salah satunya dengan membawakan teknologi terkini pada setiap unit Bus yang diproduksi langsung oleh Adiputro.

Begitu juga yang disampaikan Direktur Utama Tentrem, Yohan Wahyudi,“Memberikan pelayanan yang terbaik melalui penyediaan komponen berteknologi dan berkualitas tinggi adalah salah satu cara meningkatkan kepuasan pelanggan yang merupakan target utama kami.”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini