Share

Daftar 6 PO Bus Artis Pulau Jawa, yang Mana Favoritmu?

Tangguh Yudha, MNC Portal · Rabu 10 Agustus 2022 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 52 2644866 daftar-6-po-bus-artis-pulau-jawa-yang-mana-favoritmu-MMDDqUornI.jpg Bus Haryanto (Instagram @poharyanto_official)

BUS masih menjadi moda transportasi terfavorit di Tanah Air. Ada banyak sekali varian bus yang bisa dipilih masyarakat Indonesia, dari yang kelas ekonomi hingga kelas bisnis yang menawarkan fasilitas mewah.

Beberapa perusahaan otobus (PO) bahkan memiliki fans berat dan komunitas yang beranggotakan hingga ribuan orang. Saking banyaknya penggemar, bus-bus ini bahkan dijuluki sebagai "Bus Artis".

Nah penasaran dengan PO bus artis yang ada di Pulau Jawa? Berikut ini adalah daftarnya.

1. Harapan Jaya

Harapan Jaya tentu tidak asing di telinga, apalagi bagi masyarakat Jawa Timur. Sejak tahun 1977, Harapan Jaya menjadi bus yang banyak diandalkan dan terus berkembang hingga memiliki nama besar.

 BACA JUGA:5 PO Bus Armada Terbanyak di Aceh, Ada Favoritmu?

PO Harapan Jaya memang memiliki penumpang dan penggemar yang sangat fanatik. Bukan hanya dari Jawa Timur saja, para penggemar juga diketahui berasal dari daerah lain yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain selalu memberikan fasilitas terbaik, Harapan Jaya memiliki armada bus mewah Super Luxury Class Avante. Bus ini menggunakan sasis Scania K410iB, dan menjadi bus pertama yang menggunakan spion kamera.

Terdapat sepuluh unit kamera yang tersebar di berbagai sudut bus. Kamera beroperasi saat mobil menyala dan hasil tangkapan kamera ditampilkan secara langsung di dua layar yang ada di kabin pengemudi.

2. Gunung Harta

Gunung Harta meupakan PO yang berasal dari Pulau Dewata, Bali. PO yang satu ini tidak pernah sepi penumpang lantaran selalu menjaga keamanan serta memanjakan para penumpangnya di setiap trayek yang dilalui.

Diketahui bahwa PO yang disebut sebagai penguasa jalur Malang ini memiliki lebih dari 94.000 orang penggemar. Mereka biasa disebut sebagai Gunung Harta Lovers.

Adapun sebab Gunung Harta dicintai adalah karena banyak armada bus dari PO Gunung Harta ini yang menggunakan sasis premium. Salah satunya adalah Gunung Harta Triple Axle Marcedes –Benz OC500RF 2542.

 BACA JUGA:5 PO Bus yang Mempunyai Layanan Pramugari Cantik, Bikin Betah Perjalanan Jauh

Ini merupakan salah satu bus premium di Indonesia. Interior bus ini juga memiliki kesan nyaman dengan fasilitas yang memanjakan penumpang seperti AC, toilet, LED TV, Private LED, smokking room, USB charger dan fasilitas lainya.

3. Haryanto

Siapa yang tidak kenal dengan PO asal Kota Kudus, Haryanto. PO yang satu ini sangatlah tidak asing di telinga. Kepopuleran Haryanto sangatlah tinggi dibanding PO yang lainnya bahkan bisa dibilang terbanyak.

Ini tentu bukan tanpa alasan, sejak dulu Haryanto terus memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang. PO Haryanto juga dikenal memiliki armada bus berjuluk "Java's King" yang melayani rute Jakarta- Jepara.

 ilustrasi

Bus Haryanto (Instagram @poharyanto_official)

Yang mana bus ini memiliki keunikan, yakni terdapat dua kelas dalam satu bus. Pertama kelas super eksekutif SE yang berada pada dua seat baris terdepan dengan konfigurasi seat 2-1 dan kelas eksekusif sisanya.

Fasilitas yang didapatkan dari bus hang satu ini aalah bantal, bed cover, reclining seat, legrest dan toilet.

4. BJU

BJU sendiri merupakan singkatan dari Bongkotan Jati Utama. BJU memiliki tingkat kepopuleran tinggi, dengan lebih dari 131.000 anggota di media sosial Facebook.

Para fans BJU ini sering disebut Black Bus Community yang komunitasnya sangat solid. Sejak dulu, Bejeu memang selalu mengutamakan kepuasan dan kenyamanan pelanggan.

BJU mengusung fasilitas yang selalu berbeda dari yang lain. Sebagian besar armada bus BJU ditopang chasis bersuspensi udara. Selain itu, BJzu menjadi pelopor bus dengan WiFi di perjalanan pada tahun 2010-an.

Bus BJU memiliki beberapa kelas yang dapat dipilih sesuai dengan kemauan dan kemampuan para penumpangnya. Yang paling mewah adalah kelas VIP dengan fasilitas legrest, LCD TV, pembuat kopi, reclining swat, hingga USB charger.

5. Efisiensi

Efisiensi adalah salah satu perusahaan bus yang berasal dari Kebumen, Jawa Tengah. Didirikan pada tahun 1994 oleh Teuku Erry Rubihamsyah, sampai saat ini Efisiensi terus berkembang.

PO Efisien memiliki fasilitas terlengkap dan termewah di jalurnya. Bahkan perusahaan otobus satu ini pernah mendapat penilaian sebagai pelopor keselamatan oleh Kemenhub sebesar 75,53% dengan rating bintang 3.

 ilustrasi

Efisiensi menjadi semakin terkenal setelah meluncurkan armada double decker berbasis Mercedes Benz OC 500 RF 2542 dengan body buatan karoseri Adiputro.

Bus Efisiensi Double Decker ini toal berisi 52 seat terdiri dari 47 ordinary seat dan 5 captain seat. Lantai bawah berkonfigurasi 1-1 dan lantai atas dengan susunan 2-2.

6. Raya

PO Raya meskipun menggunakan armada bus lawas namun tetap mampu memberikan kenyamanan tersendiri untuk pelanggannya. Salah satunya adalah ruang yang lega dengan mengusung 18 seat konfigurasi 2-1.

Bus Raya menjadi salah satu bus yang banyak diandalkan oleh masyarakat Pulau Jawa. Pasalnya bus yang satu ini menawarkan harga tiket yang murah. Saking banyaknya penggemar bus ini, banyak yang mrnjulukinya sebagai bus artis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini