Share

3 PO Bus Pencetak Rekor Muri, Ada Andalanmu?

Tangguh Yudha, MNC Portal · Kamis 11 Agustus 2022 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 52 2645131 3-po-bus-pencetak-rekor-muri-ada-andalanmu-CBcDHi5KH2.jpg Ilustrasi bus (freepik)

PEMECAHAN rekor MURI tidak hanya bisa dilakukan oleh manusia saja.

Sebuah perusahaan juga bisa mencetak rekor apabila memang berprestasi, tak terkecuali perusahaan otobus (PO).

Lantas PO bus apa saja yang berhasil memecahkan rekor MURI? Berikut ini adalah daftarnya, seperti dilansir dari berbagai sumber:

Werkudara

Di urutan pertama ada bus wisata milik kota Solo yang merupakan bus tingkat pertama yang dibuat oleh tangan trampil anak bangsa yang resmi beroperasi pada tahun 20 Februari 2011. Adapun bus Werkudara ini dibuat oleh karoseri Trisakti.

Karoseri Trisakti merupakan deretan karoseri terbaik yang pernah ada di Indonesi. Didirikan oleh Bapak Widodo pada tahun 1983, Trisakti disebut-sebut sebagai salah satu pelopor dari enam karoseri pembuat bus tingkat ataupun bus double-decker.

 infografis

Bus tingkat Werkudara dioperasikan sebagai salah satu atraksi wisata bus tingkat. Ini merupakan hasil inisiasi Pak Jokowi di tahun 2011 ketika beliau menjabat sebagai walikota di Solo beliau menginginkan Solo menjadi kota wisata walaupun tidak memiliki objek wisata.

Bus ini kemudian dihadirkan untuk menarik minat para wisatawan, namun gagasan tersebut tidak langsung terealisasikan. Pada saat awal pengajuan terjadi tarik-ulur hingga dua tahun sampai akhirnya bisa diwujudkan.

Bus Werkudara hadir dengan kelir merah mencolok dan mempunyai tinggi 4,5 meter. Kalau duduk di atasnya, maka akan lebih tinggi dari lampu lalu lintas. Oleh karena itu Werkudara hanya dapat membawa orang-orang berkeliling Jalan Utama di Solo saja.

Untuk lebarnya sama seperti bus umumnya yaitu 2,5 meter. Bus ini mendapatkan penghargaan dari rekor MURI karena merupakan bus tingkat pertama yang langsung diproduksi oleh Indonesia sendiri.

Sumber Alam

Salah satu armada dari PO bus Sumber Alam juga pernah mendapatkan gelar MURI sebagai bus modifikasi terpanjang di Indonesia yang panjangnya mencapai 12,6 meter. Bus yang memiliki 10 roda serta fasilitas lift ini diberi nama Limo Sumber Alam.

Bus ini sangat unik dan berbeda dengan bus-bus di Indonesia pada umumnya. Lerbedaan yang sangat ketara terlihat pada tampilan eksterior bus ini yang panjang, yang jika dibandingkan bus umumnya, bus Limo Sumber Alam punya empat roda tambahan.

Bus ini mengacu pada bus-bus Eropa yang menggunakan double gardan untuk roda belakang. Mesin yang digunakan adalah tipe Mercedes Benz OH 1526 penambahan panjang ces kurang lebih satu meter jadi total panjang keseluruhan pada Bus ini yaitu 13,2 meter.

Sumber Alam sendiri mempercayakan pembuatan bus terpanjang kepada karoseri Laksana. Untuk interior bus dijelajahi dengan berbagai perlengkapan hiburan maupun untuk peristirahatan yang akan menambah kenyamanan dalam perjalanan.

Fitur yang ada si bus ini dan diklaim belum pernah ada di armada bus manapun di Indonesia adalah pintu lift yang ada di bagian kiri belakang. Pintu lift ini berfungsi untuk naik dan turun bagi pengguna kursi roda ataupun jika harus membawa muatan berat.

Bus yang trrcatat sebagai rekor Muri ke 3.827 tepatnya pada tanggal 21 Juli 2009 ini juga memiliki ruang VIP pada bagian buritan nya. Di ruang tersebut ada sofa melingkar dengan satu televisi layar 42ins. Di ruang ini penumpang bisa menonton seperti TV film dan karaoke.

Sinar Jaya

Seperti diketahui, PO bus yang satu ini pernah menjadi bus antarkota antarprovinsi terbaik selama enam tahun berturut-turut mulai dari tahun 2005 hingga tahun 2010. Saking banyaknya penghargaan yang diperoleh oleh perusahaan otobus Sinar Jaya ini membuatnya masuk rekor MURI sebagai perusahaan angkutan penerima penghargaan terbanyak.

Sinar Jaya sendiri merupakan PO bus asal Jawa Barat. PO bus yang berkantor pusat di daerah Bekasi Jawa Barat ini didirikan pada tahun 1982 dan tetap berkembang hingga sekarang. Di awal berdirinya Sinar Jaya dikenal karena menggunakan model bus kapsul.

Apa yang dilakukan Sinar Jaya ini kemudian menjadi tren dan diminati oleh masyarakat. Sinar Jaya sendiri dikenal Setia menggunakan Sasis bus Hino. Beberapa yang digunakan seperti Hino seri erg dan seri rk8 baik yang lawas maupun yang terbaru.

Selain itu juga menggunakan sasis kelas premium seperti rn285 dan RK turbo. Saat ini Sinar Jaya melayani berbagai jurusan seperti dari Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok dengan berbagai kota tujuan di provinsi Jawa Tengah.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini