Share

Daftar 5 Kendaraan Taktis Canggih Buatan Indonesia, Intip Spesifikasinya

Tangguh Yudha, MNC Portal · Jum'at 12 Agustus 2022 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 52 2645592 daftar-5-kendaraan-taktis-canggih-buatan-indonesia-intip-spesifikasinya-QhF6OWpsun.jpg Panser Anoa buatan PT Pindad

SELAIN punya pasukan militer tangguh, Indonesia juga memiliki Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang canggih dan sebagian merupakan hasil produksi dalam negeri alias karya anak bangsa.

Salah satunya adalah kendaraan taktis atau rantis. Tak hanya satu atau dua produk, Indonesia memiliki banyak rantis yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Bahkan rantis produksi PT. Pindad yang berlokasi di Bandung sudah diekspor ke berbagai negara.

Berikut ini adalah 5 kendaraan taktis buatan Indonesia :

1. Panser Anoa

Sesuai dengan namanya, rantis yang satu ini dirancang oleh PT Pindad. Rantis Anoa tercatat sebagai rantis amfibi pertama yang dibuat di Indonesia yang tampangnya mirip rantis VAB buatan Perancis.

 BACA JUGA:Crazy Rich Lewat, Mobil Tesla Dipakai untuk Jualan di Kampung Ini

Pindad Anoa memiliki bobot 14 ton. Dalam menopang performanya mengandalkan mesin buatan Renault MIDR 062045 berkonfigurasi 6 silinder segaris dengan turbo yang mampu memuntahkan tenaga 320 dk.

 ilustrasi

Panser Anoa

Rantis Anoa memiliki kecepatan maksimum 90 km/jam dan jarak tempuh 600 km. Soal ketahanan, rantis ini dilengkapi baja yang memenuhi standar level III NATO yang tahan peluru berkaliber 5.56 dan 7.62 mm.

2. Komodo ULV 1000

Selain Anoa, Indonesia juga punya rantis Komodo ULV 1000. Rantis yang satu ini dibuat oleh PT Fin Komodo bersama Dislitbang TNI AD dengan mengadopsi desain buggy KIT 250 AT namun fiturnya telah ditingkatkan.

Komodo ULV 1000 hadir dengan mengusung konfigurasi 4 kursi. Menggunakan rangka tubular, rantis yang didesain sebagai kendaraan pengintai ini memiliki panjang total 3350 mm dan lebar 1760 mm.

 BACA JUGA:Alasan Mobil Jangan Dicuci Setelah Coating

Rantis ini menggunakan mesin 4 tak berkapasitas 975 cc dengan tenaga 68 hp yang telah menggunakan teknologi fuel injection dengan transmisi CVT. Kecepatannya mampu mencapai 100 km/jam.

3. P6-ATAV

P6-ATAV (All Terrain Assault Vehicle) merupakan rantis buatan PT Sentra Surya Ekajaya yang memiliki pabrik di daerah Tangerang. Rantis ini telah dipesan oleh Kopassus (Komando Pasukan Khusus) sebanyak 18 unit.

Untuk menambah kemampuan offroadnya, rantis ini menggunakan suspensi independen dan dilengkapi dengan winch untuk menarik rantis apa bila terjebak di medan sulit.

P6-ATAV juga dilengkapi berbagai dudukan untuk senjata yang terletak di atap dan bagian samping mobil. Dapur pacunya sendiri ditenagai mesin turbo diesel 4 silinder 2.3 liter dengan tenaga 142 dk.

Mesin ini diklaim mampu melajukan P6-ATAV hingga kecepatan maksimum 120 km. Dengan kapasitas tangki 120 liter, P6-ATAV diklaim mampu melaju sejauh 500 km.

4. Bima M-31

Selain tiga rantis yang telah disebutkan di atas, Indonesia juga memiliki rantis bernama Bima M-31 yang dibuat oleh PT Cakra Tunggal Darma. Bima M-31 merupakan rantis yang berbasis dari pick up Ford Ranger.

Mobil ini memiliki wheelbase sepanjang 2930mm dengan dimensi lebar 2 meter, panjang 4.5 menter, dan tinggi 1.65 meter dengan bobot 1.5 ton. Bima M-31 juga dilengkapi ban beadlock 16 inci untik off-road kemampuan off-road.

Ditenagai mesin Duratorq TDCI (Turbocharged Diesel Common-rail Injection) dengan 16 katup berkapaisitas 2.2 liter bertenaga 150 dk dan torsi 375, Bima M-31 diklaim dapat melaju hingga 170 km/jam.

Selain versi tubular, Bima M-31 juga ditawarkan dengan varian berpintu dan atap kanvas. Bahkan pabrikan juga memberikan opsi pemasangan air conditioner.

 ilustrasi

5. Pindad Maung

Terakhir ada Pindad Maung. Ini merupakan rantis ringan 4x4 yang juga diroduksi oleh PT Pindad yang ditujukan untuk mendukung operasi dan mobilisasi pertempuran jarak dekat serta jelajah segala medan.

Pindad Maung memiliki transmisi manual 6 speed dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km. Untuk kecepatannya mampu melesat hingga 120 km/jam.

Pindad Maung dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol senjata SS2-V4, GPS navigasi, tracker sert perlengkapan lainnya. Dan yang paling menarik adalah rantis ini juga hadir dalam varian sipil.

Varian ini baru saja diluncurkan dan Anang Hemansyah menjadi warga sipil pertama yang melakukan pemesanan terhadap rantis ringan ini. Meski demikian, tidak semua warga sipil boleh memilikinya, ada persyaratan yang harus dipenuhi. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini