Share

Beda dengan Luar Negeri, Begini Tren Campervan di Indonesia yang Wajib Diketahui

Syifa Fauziah, Okezone · Minggu 14 Agustus 2022 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 14 52 2647443 beda-dengan-luar-negeri-begini-tren-campervan-di-indonesia-yang-wajib-diketahui-FSrs8qt08b.jpg Campervan (dok Freepik)

CAMPERVAN merupakan kegiatan berlibur dengan mengunjungi tempat wisata menggunakan mobil.

Tak hanya berkendara, mereka yang melakukan liburan dengan campervan juga melakukan aktivitas di mobil itu, mulai dari mandi, makan, hingga tidur.

Di dalam campervan sendiri sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik yang bisa memenuhi kebutuhan para treveler.

Di luar negeri sendiri, seperti Eropa dan Amerika Serikat, campervan sudah sangat berkembang. Bahkan banyak masyarakat yang memilih berlibur dengan kendaraan itu bersama keluarga.

infografis

Belakang terakhir, sudah muncul ketertarikan masyarakat Indonesia liburan gaya baru dengan campervan. Bahkan mereka rela ke luar negeri untuk road trip dengan campervan.

Sales Consultan Delima Mandiri, Albertus Whitney mengatakan saat ini karoseri Delima Mandiri sudah mulai mengembangkan campervan dan bekerjasama dengan perusahaan otomotif Isuzu dan DFSK, yaitu Isuzu Elf Campervan dan DFSK Gelora campervan.

Dia mengatakan salah satu alasannya karena masyarakat sudah mulai melirik campervan dan bisa juga dinikmati berkeliling Indonesia dengan kendaraan itu. Namun menurutnya tren campervan di Indonesia pastinya berberda dengan di luar negeri.

“Tren campervan di Indonesia akan jauh berbeda dengan di luar negeri. Luar negeri pakai campervan nyetir sendiri itu hal pertama yang akan berbeda, karena di luar negeri campervan memang untuk disetir keluarga sendiri. Di sana banyak pilihan campervan dengan transmisi otomatis, jalannya pun besar dan aman untuk nyetir campervan. Tetapi tidak untuk di indonesia,” jelas Whitney kepada MNC Portal saat ditemui di GIIAS 2022, ICE BSD.

Menurutnya tren campervan di Indonesia akan dimulai dari bisnis penyewaan terlebih dahulu. Nantinya akan ada bisnis yang menyediakan campervan beserta paket perjalanan.

“Jadi memberikan pengalaman kepada keluarga bahwa berlibur dengan campervan seru sekali. Nantinya kalau ada campervan mania mereka bisa beli tapi itu masih jauh sekali. Akan dimulai dari bisnis yang menyediakan campervan dulu,” paparnya.

Whitney menambahkan seiring dengan perkembangan bisnis campervan, nantinya akan diikuti dengan infrastruktur yang memadai. Harus ada demand dan supply terlebih dahulu.

“Diharapkan nantinya ekositem campervan ini akan makin baik sehingga kita tak hanya berkutat di kota besar. Justru keindahan Indonesia ada di tempat yang tidak ada hotelnya. Jangan sampai tidak dijamah. Lebih baik jadikan objek wisata yang baik, nah campervan ini akan mendorong seperti itu,” paparnya.

Saat ini Whitney melihat camping ground yang menyediakan fasilitas untuk campervan, mulai dari listrik, air dan toilet. Namun masih jauh dari cukup, karena yang dibutuhkan harus lebih.

“Sudah mulai banyak terutama di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Tapi fasilitasnya jauh dari kata cukup. Tidak masalah ketika semakin banyak orang terinspirasi campervan dan mencoba, mudah-mudahan camping ground akan berkembang,” imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini