Share

Asal Usul Lampu Sein yang Orang Banyak Belum Tahu

Cita Zenitha, MNC Portal · Selasa 16 Agustus 2022 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 52 2648298 asal-usul-lampu-sein-yang-orang-banyak-belum-tahu-fH4ScW6ldc.jpg Ilustrasi lampu mobil (Okezone)

TERNYATA ini asal usul lampu sein yang orang banyak belum tahu. Keberadaan lampu sein sendiri menjadi bagian penting dari sebuah kendaraan.

Fungsi lampu sein sendiri atau biasa banyak orang sebagai lampu riting digunakan sebagai penunjuk arah ketiga kendaraan hendak berbelok. Dengan adanya lampu sein pada kendaraan mampu meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

 BACA JUGA:HUT Ke-77 RI, Istana Pamer Mobil 7 Presiden dari Era Soekarno hingga Jokowi di Sarinah

Seiring perkembangan jaman, ternyata penggunaan lampu sein memiliki sejarah panjang yang tak banyak orang tahu. Kali ini Okezone akan mengupas asal usul lampu sein yang orang banyak belum tahu.

Asal usul Lampu Sein yang Orang Banyak Belum Tahu

Semua bermula ketika terjadinya kecelakaan kendaraan bermotor khususnya mobil pada abad ke 18. Saat itu penggunaan kendaraan bahan dengan bahan bakar bensin sedang marak-maraknya. Kendaraan tersebut seringkali melaju dengan dengan cepat di jalan raya.

 BACA JUGA:Mobil Listrik Toyota bZ4X Tampil di GIIAS 2022, Sekali Ngecas Bisa Tempuh 500 Km

Saat itu belum ada lampu sein sebagai penunjuk arah kendaraan ketika ingin berbelok, tidak seperti sekarang.

Pada 1912 seorang aktris Amerika Serikat bernama Florence Lawrence menemukan cara baru untuk memberitahu pengendara lain bahwa kendaraan yang kita kendarai ingin berbelok. Ia memasang tanda berbelok ke kanan atau kekiri pada kendaraannya, saat ingin berbelok pengemudi harus menekan sebuah tuas yang akan menurunkan sebuah bendera.

Pembaharuan inovasi tanda berkelok oleh Florence Lawrence terus dilakukan perusahaan mobil asal Jerman. Hingga pada tahun 1920, perusahaan mobil Jerman membuat lonceng dan peluit uap yang dipasang di setiap sisi mobil. Pengemudi cukup membunyikannya saja ketika ingin berbelok.

Tapi ternyata inovasi itu tidak berjalan dengan baik karena dianggap terlalu bising dan pengemudi tidak selalu mendengar seruan tersebut.

 Ilustrasi

Perubahan besar dalam dunia otomotif akhirnya dibawa oleh Edgar A Walz Jr sekitar tahun 1925. Ia memodifikasi temuan lonceng dan peluit uap menjadi cahaya yang berkedip ketika dinyalakan. Lampu tersebut dipasang dibagian depan dan belakang mobil.

Penemuannya tersebut membawa banyak sekali kemajuan. Bahkan dengan seiring perkembangan jaman, lampu sein terbuat dari LED.

Demikianlah pembahasan mengenai asal usul lampu sein yang orang banyak belum tahu. Semoga bermanfaat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini