Share

6 Tips Merawat Mesin Mobil Bekas Agar Tetap Prima

Syifa Fauziah, Okezone · Rabu 17 Agustus 2022 00:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 87 2648313 6-tips-merawat-mesin-mobil-bekas-agar-tetap-prima-rOu89B3LGN.jpg Timing belt mobil (Foto AA1Car)

MOBIL bekas jadi primadona bagi banyak orang di tengah mahalnya harga mobil baru. Membeli mobil bekas butuh kejelian agar tidak bikin rugi di kemudian hari. Hal paling penting lagi adlah mobil bekas harus dirawat dengan rutin agar mesinnya tetap prima.

Bagi Anda yang berencana untuk membeli membeli mobil bekas, pastinya harus merawat kondisi mesin dengan rutin.

Berikut tips merawat mesin mobil bekas agar tetap prima, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

 BACA JUGA:Tips Beli Velg Mobil Bekas, Jangan Sampai Ketipu!

1. Rutin mengganti oli

Hal pertama yang penting untuk menjaga mesin mobil bekas tetap prima adalah rutin mengganti oli. Oli berfungsi sebagai pelumas komponen mesin dan mencegah karatan.

Untuk mengetahui kapan waktu mengecek oli, bisa dengan cek jarak temph mobil. Disarankan untuk ganti oli saat sudah mencapai 10.000 km. Untuk pemakaian mobil secara normal, maka jarak tempuh tersebut biasanya setara dengan pemakaian selama enam bulan.

 Ilustrasi

2. Rutin membersihkan karburator

Selain itu, Anda juga harus rutin membersihkan karburator pada komponen mesin. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sikat gigi atau meminta bantuan pihak bengkel untuk mendapatkan perawatan karburator yang lebih profesional.

 BACA JUGA:10 Mobil Bekas yang Paling Cepat Laku di Dunia, Tesla Kalahkan BMW

3. Rutin ganti air radiator

Sama seperti oli, air radiator juta harus rutin diganti. Sebab seiring dengan penggunaan mobil, air radiator bisa kehilangan kandungan anti-freeze dan anti-corrosion.

Sama seperti oli, air radiator juga perlu diganti secara rutin.sebab bila tidak, mesin akan mengalami overheating saat digunakan. Selain itu juga bisa menjadi salah satu penyebab radiator bocor atau jebol.

Mengganti air radiator dilakukan setiap mobil menempuh jarak 20.000 km atau saat cairan sudah berwarna keruh.

4. Jaga kebersihan interior dan eksterior mobil

 

Meskipun mobil bekas, namun Anda harus tetap menjaga kenyamanan area dalam mobil dengan rutin membersihkan interior da eksterior mobil. Cuci mobil minimal dua kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk rutin mengganti pengharum mobil dan juga merawat jok. Dengan begitu mobil akan terasa seperti baru.

5. Rutin cek kondisi AC

Rutin cek kondisi AC dapat membuat mobil memiliki pendingin yang lebih berfungsi. Caranya dengan rutin membersihkan kondensor AC, menjaga kebersihan kabin mobil, serta selalu membersihkan filter AC. Gunakan AC dengan cara yang tepat yakni tidak menyalakan saat kaca terbuka.

 

6. Ganti timing belt

Anda juga harus rutin mengganti timing belt. Timing belt ini merupakan komponen yang memiliki peran penting sebab bila rusak mobil akan mati total. Biasanya timing belt memiliki masa pakai untuk 50.000 - 80.000 km. Jadi, bila mobil yang kamu gunakan sudah masuk ke angka tersebut maka segera ganti timing belt mobil dengan yang baru. Untuk mengetahuinya Anda bisa cek ke orang bengkel yang lebih profesional.

Itu dia tips merawat mesin mobil bekas agar tetap prima. Semoga bermanfaat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini