Share

Ketahui Fungsi Guard Rail yang Ada di Jalan Tol

Cita Zenitha, MNC Portal · Kamis 18 Agustus 2022 00:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 52 2648864 ketahui-fungsi-guard-rail-yang-ada-di-jalan-tol-iLtYe3Fgtq.jpg Guard Rail di Jalan Tol (Dok Adiguna Karya Persada)

BAGI pengendara penting untuk mengetahui fungsi guard rail yang ada di jalan tol agar semakin paham mengenai alat keselamatan yang ada di jalan raya.

Pengguna jalan tol pasti sudah tidak asing dengan alat pengaman ini.

Jalan tol merupakan salah satu infrastruktur yang pemerintah siapkan supaya masyarakat mendapat fasilitas jalanan yang lebih baik.

infografis

Dalam pengerjaan pemerintah melibatkan pihak swasta sebagai operator.

Dengan adanya jalan tol diharapkan dapat memberikan pelayanan publik yang baik dan memuaskan. Untuk memastikan pelayanan yang diterima masyarakat selalu tersampaikan di jalan tol dan untuk mengetahui kinerja jalan tol, pemerintah menetapkan standar pelayanan yang dikenal dengan Standar Pelayanan Minimal jalan tol (SPM).

Salah satu SPM jalan tol yang wajib dipenuhi adanya adanya pagar rumija atau pagar pengaman (guard rail). Kira-kira apa fungsi sebenarnya dari guard rail?

Ketahui Fungsi Guard Rail yang Ada di Jalan Tol

Banyak sekali fungsi didirikannya guard rail di sekitar tepian jalan tol yaitu untuk mengarahkan kendaraan supaya tetap pada jalurnya, mencegah kendaraan terlempar keluar jalanan atau jatuh ke jurang , mengurangi dampak kecelakan serta mencegah terjadinya goncangan hebat.

Guard rial sendiri berbeda dengan pembatas jalan pada umumnya. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi dalam pembuatan guard rail salah satunya dibuat menggunakan dua macam bahan yaitu besi dan baja.

Pembatas pagar yang terbuat dari besi dinamakan sleeve beam, sedangkan tiang penyangganya terbuat dari baja dinamakan post. Lempengan besi yang digunakan sebagai pembatas ini dilapisi dengan seng dan disatukan menggunakan baut.

Sedangkan pada bagian tiang atau post terbuat dari besi yang berguna untuk meredam energi kinetik akibat tabrakan. Ketika terjadi tabrakan, tiang penyangga akan menahan kendaraan agar tidak terbalik.

Jika posisi tiang penyangga dan pembatas dibalik bisa jadi masalah kecelakaan yang terjadi akan lebih serius. Kendati demikian, adanya guard rail tidak sepenuhnya dapat mengatasi kecelakaan. Semua kembali pada tindak perbuatan pengemudi saat berada di jalanan. Guard rail lebih efektif menangani tabrakan dengan maksimal kecepatan 60 kpj.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini