Share

7 Bus Tingkat Buatan Indonesia, Ada yang Diekspor ke Luar Negeri

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Kamis 18 Agustus 2022 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 52 2649138 7-bus-tingkat-buatan-indonesia-ada-yang-diekspor-ke-luar-negeri-n3ubWT4D8p.jpg Bus tingkat karoseri Adiputro di GIIAS 2015 (Dok Okezone.com)

ADA 7 bus tingkat buatan Indonesia menarik untuk dikulik. Seiring berkembangnya pembangunan infrastruktur di Indonesia membuat banyak industri kendaraan komersial semakin maju.

Salah satunya menyasar pada industri pembuatan body bus atau karoseri. Seperti munculnya tren baru sebuah produk bus dengan gaya double decker atau bus tingkat.

Nah, berikut adalah 7 bus tingkat buatan Indonesia. Bahkan ada yang sampai di ekspor ke luar negeri.

 BACA JUGA:Penampakan Bus Tingkat 3 Pertama di Indonesia, Yuk Intip Spesifikasinya

7 Bus Tingkat Buatan Indonesia

 

1. New Armada - Skylander Double Decker

New Armada merupakan karoseri yang berasal dari Magelang. Perusahaan ini memiliki beragam model bus tingkat, salah satunya adalah Skylander Double Decker yang diperkenalkan pada pameran Busworld South East Asia 2019.

Bus tersebut menggunakan sasis Scania toipe K410IB dan menjadi langganan PO bus asal Sulawesi. Pembeli pertamanya adalah PO Primadona yang berasal dari Makassar.

2. Rahayu Sentosa - Jetliner Double Decker

Rahayu Sentosa selaku karoseri asal Bogor juga tak mau kalah. Perusahaan ini merilis sebuah bus double decker pada 2019 yang dinamai Jetliner Double Dacker. Sasis yang digunakan pada bus ini adalah sasis premium dari Mercedes Benz OC 500 RF-2542.

3. Nusantara Gemilang - Conqueror

Perusahaan karoseri ini merupakan gabungan dari PO Nusantara asal Kudus dengan Gemilang Coachwork, karoseri asal Malaysia. Tahun 2018, perusahaan ini merilis bus tingkat dengaan nama Conqueror.

 BACA JUGA:3 Bus Mewah Tampil di GIIAS 2022, Punya Banyak Fitur Menarik!

4. Tentrem - Avante D2

PT. Tentrem Sejahtera merupakan karoseri yang tidak pernah mau kalah. Perusahaan karoseri yang satu ini juga meluncurkan bus double decker bertajuk Avante D2 dengan desain yang unik, yaitu bagian kepala yang sedikit menonjol.

Fungsi dari desain tersebut agar penumpang di bagian depan bisa lebih leluasa. Avante D2 pertama kali dikenalkan pada GIIAS 2019.

5. Adiputro - Jetbus3+ SDD

Salah satu perusahaan karoseri yang mempelopori bus tingkat di Indonesia adalah PT. Adiputro Worasejati asal Malang. Karoseri yang satu ini pertama kali memperkenalkan double deckernya pada GIIAS 2015 dengan bus Jutbus 2+ SDD.

Sementara pada tahun 2019, perusahaan ini kembali merilis bus baru yaitu Jetbus 3+ SDD. Keunikannya adalah pada dimensi bus yang terasa lega.

6. Morodadi Prima - Grand Tourismo DD

Kaorseri Morodadi Prima meluncurkan bus double deck dengan desain mengotak yang unik. Konon bus ini terinspirasi dari bus Jerman yaitu Daimler Setra.

 Ilustrasi

7. Laksana - Legacy SR2 DD

Meski termasuk sebagai karoseri baru, namun CV Laksana tak ragu untuk mengikuti para kompetitor. Perusahaan ini pertama kali memperkenalkan bus double deckernya di GIIAS 2018 dengan bus Legacy SR 2 DD.

Bus tersebut memiliki desain yang mewah serta futuristik. Yang unik dari bus ini adalah adnaya floating roof. Dimensi yang ditawarkan juga cukup lega. Tak heran jika banyak PO bus yang ingin memiliki bus ini. Bahkan, pada 2020 lalu, Bangladesh juga membeli 10 unit bus ini.

Demikian informasi mengenai 7 bus tingkat buatan Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini