Share

Pemesanan Kendaraan Selama GIIAS 2022 Meningkat Loh, Ini Daftarnya

Syifa Fauziah, Okezone · Selasa 23 Agustus 2022 09:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 23 52 2652556 pemesanan-kendaraan-selama-giias-2022-meningkat-loh-ini-daftarnya-Fyb0iiyzAc.jpg Pameran GIIAS 2022 (Dok ANTARA)

GABUNGAN Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) memperkirakan jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK) yang dibukukan agen pemegang merek (APM) selama pameran otomotif Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2022 meningkat dibanding penyelenggaraan tahun lalu.

"(SPK) belum keluar semuanya, tetapi secara sekilas saya lihat kelihatannya akan jauh lebih baik dari sebelumnya," ujar Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi.

Nangoi menjelaskan, terdapat sejumlah agen pemegang merek (APM) berhasil mengumpulkan SPK dengan jumlah tinggi.

infografis

 Sayangnya, untuk saat ini, Nangoi mengaku belum bisa mengungkapkan jumlah pasti total keseluruhan pemesanan kendaraan selama GIIAS 2022.

"Saya rasa SPK-nya akan lebih tinggi karena saya coba melihat beberapa merek pengumpulannya tinggi sekali. Jadi mudah-mudahan membaik," kata dia.

Lebih lanjut, Nangoi memaparkan beberapa APM yang membukukan SPK tertinggi selama GIIAS 2022 yakni Toyota 4.502 unit, Mitsubishi 2.623 unit, dan Honda 1.511 unit.

Dalam kesempatan itu, Nangoi turut menyinggung tentang antusiasme pengunjung GIIAS terhadap kendaraan listrik. Dia mengatakan ratusan pengunjung memadati area test drive kendaraan listrik yang tersedia di area indoor.

Hal ini dinilainya sebagai respon positif masyarakat terhadap perkembangan kendaraan ramah lingkungan di Tanah Air.

"Anda bisa melihat bahwa animo masyarakat yang mencoba mencoba test drive tinggi sekali per harinya, dan kita lihat juga yang namanya mobil-mobil listrik terjual cukup banyak walaupun masih inden. Jadi animonya sudah cukup tinggi," ucap Nangoi.

Adapun, Direktur Pemesanan TAM, Anton Jimny Suwandi mengatakan dari data hingga Jumat, 19 Agustus 2022 sebanyak 3.260 unit kendaraan terjual.

“3.260 Unit kendaraan yang paling laris itu adalah Avanza sebesar 17 persen, Raize 14 persen, Veloz 13 persen Kijang Innova 12 persen, dan Rush 8 persen,” tuturnya.

Seperti diketahui, GIIAS 2022 diikuti berbagai merek otomotif antaranya Audi, BMW, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling. Kemudian mobil komersial di antaranya Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, dan Scania. Selain itu ada lebih dari 100 merek lebih industri pendukung otomotif di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini