Share

Sensasi Menjajal Mobil Xpander Cross Facelift dari Sisi Penumpang, Kabin Kedap Suara

Tangguh Yudha, MNC Portal · Rabu 24 Agustus 2022 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 24 52 2653343 sensasi-menjajal-mobil-xpander-cross-facelift-dari-sisi-penumpang-kabin-kedap-suara-N9DntnnLsJ.png Mobil Xpander Cross Facelift (dok MPI/Tangguh Yudha)

MITSUBISHI baru saja meluncurkan Xpander Cross facelift di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2022. Model terbaru ini diklaim lebih aman dengan tambahan fitur Active Yaw Control (AYC).

Selain aman, Xpander Cross terbaru juga disebut memiliki karakter yang sesuai untuk market Indonesia. Hal ini seperti disampaikan Head of Trainning Section Mitsubishi, Muhammad Arif Dwianto.

"Seperti yang diharapkan konsumen, Xpander Cross kini memiliki kabin lebih lega, memiliki banyak ruang penyimpanan, serta desain atraktif di eksterior dan interior," kata Arif.

infografis

"Kabin juga kedap suara. Sehingga yang membeli, yang memang mengeluarkan uang, bisa merasakan kemewahan dan kenyamanannya juga. Bukan hanya orang yang melihat dari luar saja," tambahnya.

Kami pun berkesempatan menumpangi Xpander Cross facelift dalam acara test drive di Indonesia Safety Driving Centre (ISDC), Jl Bhayangkara Pusdiklantas, Serpong, Tangerang Selatan.

Lintasannya cukup menantang, dari mulai track basah, track kering, menghantam speed dump, berputar 360 derajat di track kering, melaju zigzag, berputar 360 derajat di track basah, hingga melintasi turunan, dan tanjakan.

Duduk di kursi baris kedua, memang spacenya sangat luas. Dengan tinggi badan 180cm kaki masih bisa sedikit selonjotan dengan nyaman. Hanya saja saat menghamtam speed dump sangat terasa.

Tapi mungkin karena itu dilakukan dalam kecepatan tinggi. Namun yang jadi nilai plusnya adalah kabin terbukti tetap kedap suara. Secara keseluruhan, lintasan mampu dilibas dengan cukup nyaman dari kursi penumpang.

Sedikit terbanting-banting masih aman karena memang mobil dipacu sangat kencang. Apabila dibawa normal untuk kebutuhan harian, Xpander Cross facelift rasanya akan sangat nyaman, sesuai dengan yang dikatakan perusahaan.

Beralih ke ruang kemudi, keunggulan Xpander Cross facelift semakin bisa dirasakan. Terlebih ketika di lintasan berputar 360 derajat. Fitur AYC bekerja dengan sangat baik untuk memenimalisir radius putaran.

Jika mobil kebanyakan akan bergerak melebar ketika di lintasan seperti ini, Mitsubishi Xpander Cross akan berbelok dengan sangat stabil sesuai dengan jalurnya. Kemampuan ini juga didukung oleh shock breaker yang digunakan.

Dimana dikatakan shock breaker ukurannya lebih besar dari Xpander Cross generasi sebelumnya. Dimensinya sama dengan yang digunakan oleh SUV Pajero Sport.

Selanjutnya berjalan ke lintasan tanjakan dan turunan. Di sini kami mencoba membuktikan kemampuan fitur break auto hold yang berfungsi untuk pengereman otomatis tanpa harus terus menerus menginjak rem.

Jadi ketika tanjakan, mobil diberhentikan kemudian direm kaki. Dengan fitur break auto hold aktif, rem hanya perlu diinjak satu kali kemudian kaki bisa dilepas. Kami mencoba selama 20 detik dan mobil tidak turun.

Fitur ini sangat berguna di lintasan menanjak dan menurun seperti puncak. Jadi meskipun kondisi lalu lintas macet, tidak perlu lagi menahan rem. Otomatis tidak banyak energi yang terbuang ketika mengemudi.

Untuk diketahui, Mitsubishi Xpander Cross dibanderol mulai dari Rp309.950.000 tipe MT dan Rp335.750.000 tipe Premium Package CVT on the road (OTR) Jakarta. Mobil tersedia empat pilihan warna dengan warna putih lebih mahal Rp1.500.000.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini