Share

5 Kelebihan Bus Double Decker

Tangguh Yudha, MNC Portal · Kamis 25 Agustus 2022 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 24 52 2653713 5-kelebihan-bus-double-decker-mZ5QiyBU4g.jpg Ilustrasi bus (dok Freepik)

MODEL bus di Indonesia terus berevolusi. Jika sebelumnya hanya tersedia bus-bus standar, kini sudah banyak ditemukan bus-bus menarik lainnya, salah satunya adalah bus double decker atau bus tingkat.

Bus double decker sebenarnya bukan hal baru di Indonesia. Pada masa orde lama dan orde baru bus double decker sudah beroperasi di kota-kota besar di Indonesia, terutama di Jakarta. Namun sejak tahun 90-an akhir, eksistensinya meredup.

Baru dewasa ini bus double decker kembali mencuat, tentunya dengan desain yang jauh lebih modern. Dan kini bus double decker sudah mengambil trayek-trayek jauh antar kota antar provinsi (AKAP).

Bus double decker sendiri berhasil bangkit karena ia memiliki sejumlah kelebihan dibanding bus standar. Lantas apa saja itu? Berikut ini adalah 5 kelebihan bus double decker, melansir dari berbagai sumber:

1. Kapasitas penumpang banyak

Kapasitas penumpang bus double decker sangat banyak, bahkan jika dibandingkan dengan bus UHD sekalipun. Jika menggunakan konfigurasi kursi 3-2 di dek atas dan bawah, maka bisa mengangkut hingga 70 orang lebih.

Sementara jika menggunakan konfigurasi 2-2, dapat mengangkut hingga 50 penumpang. Bus double decker cocok untuk dijadikan bus AKAP karena dalam sekali angkut langsung muat banyak, tentu ini juga memberi keuntungan bagi PO bus.

 infografis

Dengan ukurannya yang besar dan memiliki dua tingkat, bus double decker bisa dibuat menjadi dua kelas berbeda. Misalnya kelas eksekusif di deck atas dan kelas yang lebih mewah di bawahnya.

Jika ingin lebih banyak kelas lagi PO bus bisa merombaknya. Di deck atas atau bawah bisa disekat lagi menjadi dua kelas yang berbeda. Setidaknya bus double decker bisa diisi dengan tiga kelas.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Sangat Nyaman

Dibanding bus biasa, bus double decker lebih nyaman sebab sasis yang digunakan adalah sasis premium kelas atas dengan 3 as roda dan full air suspension yang bisa diatur keempulannya.

Kenyamanan akan sangat terasa di deck bawah sementra di deck atas memang agak sedikit limbung. Ini juga merupakan alasan kenapa kelas yang lebih tinggi ditaruh di dek bawah.

4. Efisiensi

Bus double decker memiliki efisiensi yang lebih dari bus standar, dihitung dengan biaya per orang untuk menempuh satu kilometer. Konsumsi BBM-nya hanya berbeda sedikit dengan bus SHD atau UHD triple axle.

Namun, kapasitas penumpangnya jelas berbeda lumayan banyak. Hal ini membuat efisiensi meningkat. Sebab, biaya per orang, untuk menempuh satu kilometer paling rendah dibanding bus-bus lain, bahkan bus ekonomi sekalipun.

5. Desain yang mewah

Bus double decker saat ini hadir dengan desain modern dan berkelas. Ini berlaku baik di sisi eksterior maupun interior. Di eksterior, bus double decker akan tampil futuristik karena memang ini merupakan bus baru.

Di sisi interior tentunya juga dapat memuat lebih banyak fasilitas mulai dsri toilet, hingga daour mini, mengingat bus double decker memiliki bodi yang lebih bongsor dari bus standar.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini