Share

Catat! Ini 5 Tips Cegah Mobil Terbakar di Jalan Raya

Tangguh Yudha, MNC Portal · Rabu 31 Agustus 2022 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 30 52 2657602 catat-ini-5-tips-cegah-mobil-terbakar-di-jalan-raya-h5onfkKuKS.jpg Mobil terbakar (Okezone)

ADA banyak kasus mobil terbakar yang terjadi di jalan raya yang tak jarang memakan korban jiwa. Biasanya hal mengerikan ini terjadi karena kecerobohan pengendara itu sendiri.

Untuk menghindari mobil terbakar di jalan raya, ada beberapa tips pencegahan yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya, seperti dilansir dari blog Auto2000, Rabu (31/8/222).

1. Memodifikasi mobil

Perhitungkan baik-baik jika Anda mau melakukan modifikasi kendaraan, apalagi yang menyangkut sistem kelistrikan mobil. Cobalah sempatkan untuk berdiskusi dengan teknisi bengkel resmi untuk memperhitungkan segala risiko yang bisa terjadi.

 BACA JUGA:5 Pilihan Warna Ini Dijamin Bikin Jual Mobil Jadi Lebih Cepat Laku

Salah satu contoh modifikasi yang berpotensi dapat menyebabkan kebakaran adalah mengubah lampu utama atau foglamp dengan alasan kurang terang. Meski sepele, namun modifikasi tersebut mengubah beban kelistrikan mobil.

Dan jangan lupa, modifikasi pada komponen mobil dapat menyebabkan garansi gugur bila suatu saat Anda mengklaim suatu kerusakan dan ternyata sebabnya adalah perubahan teknis tersebut.

Ilustrasi

2. Meletakkan barang mudah terbakar di dalam kap mesin

Pasti ada di antara Anda yang pernah kelupaan meletakkan kain bekas mencuci mobil di dalam kap mesin. Atau meletakkan kain bekas membersihkan spare part secara sembarangan sehingga tertinggal di dalam kap mesin.

 BACA JUGA:5 Cara Menghaluskan Suara Mobil Mesin Diesel, Dijamin Nggak Berisik

Intinya adalah, hindari meletakkan barang-barang yang mudah terbakar di dalam kap mesin. Sebut saja lap, sarung tangan, busa, dan plastik. Benda tersebut jika terkena sumber panas seperti pipa knalpot bisa menyebabkan terjadinya kebakaran.

3. Tidak peduli oli mesin

Karena sesuatu hal, bisa saja terjadi kebocoran pada oli mesin. Tetesan oli mesin dapat terbakar bila mengenai bidang panas seperti pipa knalpot. Di samping itu, jika Anda tidak rutin mengganti oli sesuai ketentuan, maka senyawa kimia dalam oli akan berubah.

Perubahan tersebut akan berimbas pada mesin yang jadi cepat panas, komponen di dalamnya aus, dan berpotensi terjadi kebakaran jika terpercik. Oleh sebab itu lakukan servis berkala di bengkel resmi. Servis berkala, area mesin juga dicek untuk melihat risiko kebocoran dan kerusakan sistem oli, bahan bakar, dan kelistrikan.

4. Parkir dekat sumber api

Karena buru-buru, bisa saja ketika parkir Anda tidak sadar bahwa di sebelah mobil ada sumber api, seperti tempat sampah. Apalagi kalau ternyata isi tempat sampah tersebut baru saja dibakar.

Bukan tidak mungkin Bara api dari sisa pembakaran yang terbang dapat mengenai bagian mobil yang sensitif seperti kabel kelistrikan. Oleh sebab itu, saat berhenti pastikan dulu mobil Anda aman dari sumber panas.

 

5. Menyimpan barang rentan terbakar

Hindari menyimpan barang-barang yang mudah terbakar di dalam kabin mobil, seperti bensin, tinner, parfum cair, dan korek api gas.

Barang tersebut mengandung bahan aktif yang jika diletakkan di dalam ruang tertutup dengan suhu udara tinggi bisa berpotensi menimbulkan api dan menyebabkan kebakaran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini