Share

Belajar dari Kecelakaan Maut Bekasi, Begini Tips Aman Menyetir Truk

Kurniawati Hasjanah, Okezone · Rabu 31 Agustus 2022 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 31 52 2658096 belajar-dari-kecelakaan-maut-bekasi-begini-tips-aman-menyetir-truk-ldpqhw4ZPb.jpeg Kecelakaan Truk di Bekasi (dok TMC POLDA METRO JAYA)

BEKASI - Kecelakaan maut kembali terjadi. Kali ini truk trailer menabrak tiang BTS terjadi di dekat SD di Jalan Sultan Agung, Kranji, Bekasi.

Potret lokasi kecelakaan diunggah di akun Twitter @TMCPoldaMetro pada Rabu (31/8/2022).

TMC Polda Metro menyampaikan tiang yang ditabrak truk trailer itu merupakan tiang BTS.

"Terjadi kecelakaan sebuah tiang BTS roboh dan menimpa kendaraan di Jl. Sultan Agung, Kota Baru, Bekasi Barat. Saat ini sedang dalam penanganan petugas laka lantas Kota Bekasi," cuit akun Twitter @TMCPoldaMetro.

Berkaca dari insiden ini, berikut tips aman menyetir truk melansir dari laman Astra UD Trucks:

infografis

- Cek tekanan dan kondisi ban

Hal ini perlu dicek karena ban bergesekan langsung dengan aspal tentunya ban harus dalam keadaan prima, apalagi ditambah beban yang berat dan jarak yang jauh.

- Cek pengereman

Pengemudi sebaiknya mengecek kondisi pengereman. Sudah banyak kasus kecelakaan truk yang disebabkan rem yang blong. Dengan melakukan pengecekan ulang rem, Anda sudah mengurangi resiko tersebut yang mungkin saja menyelamatkan nyawa sendiri dan orang lain.

Follow Berita Okezone di Google News

- Isi muatan

Ketika diminta membawa muatan, tidak ada salahnya untuk bertanya isi dan berapa total beban yang diangkut. Kelebihan beban dapat membahayakan diri dan pengguna jalan lainnya.

Tidak hanya itu, bisa saja Anda diberhentikan oleh petugas karena melanggar aturan yang akhirnya akan menghambat perjalanan.

-Tidur cukup

Terdengar sepele tapi ini cukup penting untuk mempertahankan stamina ketika mengemudi truk untuk jarak yang jauh.

Sebelum perjalanan ada baiknya Anda tidur cukup sekitar 7-8 jam.

Perjalanan jauh akan sangat menyita stamina. Dengan tidur cukup Anda tidak mudah stres saat perjalanan.

-Menepi bila mengantuk

Mengantuk saat mengemudi juga jadi salah satu faktor penyebab kecelakaan di jalan raya. Karena itu, bila dirasa sudah mulai mengantuk tidak ada salahnya menepikan truk di tempat aman dan beristirahat sejenak.

Tidak disarankan menahan kantuk sebab dapat menyebabkan microsleep.

Microsleep atau adalah suatu kejadian hilangnya kesadaran otak mengendalikan tubuh akibat tidur yang sangat singkat, durasinya hanya antara satu hingga 30 detik saja.

Gejala ini mirip seperti melamun atau bengong, sehingga bisa menyerang siapa saja. Biasanya muncul saat otak bekerja stagnan, seperti mengemudi di jarak jauh dalam waktu lama.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini