Share

Harga BBM Mau Naik, Ini 6 Trik Jitu Menghemat Bahan Bakar Mobil Matic

Tangguh Yudha, MNC Portal · Jum'at 02 September 2022 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 01 52 2659193 harga-bbm-mau-naik-ini-6-trik-jitu-menghemat-bahan-bakar-mobil-matic-Z6dvYiEyXI.jpg Ilustrasi mobil matic (Sidomi)

PENGGUNA mobil matic makin diminati terutama di perkotaan. Mobil matic dianggap lebih praktis saat berkendara karena tak perlu sibuk-sibuk harus menekan kopling dan memindahkan gigi setiap saat. Tapi, mobil matic dianggap lebih boros bahan bakar dibandingkan mobil manual.

Nah bagi Anda pengguna mobil matic, penting untuk mengetahui trik jitu menghema BBM sebagai berikut.

 BACA JUGA:Proses Terakhir Konversi Mobil Listrik Captain Vincent, dari Bikin Speedometer hingga Pemasangan Charger

1. Matikan mesin kalau berhenti lama

Seperti diketahui bersama, ketika mesin mobil menyala maka bensin akan terus tersedot. Untuk itu, matikan mesin ketika tengah berhenti lama misalnya dalam waktu 15 hingga 30 menit. Lebih baik bensin digunakan untuk mobil melaju.

2. Gigi netral ketika berhenti sebentar

Ketika berhenti sebentar pastikan posisi gigi di netral. Hal ini dikarenakan ketika mobil masuk ke gigi 1 maka mobil masih memiliki daya dorong yang tentu membuat bensin juga termakan. Jadi lakukan hal ini agar bensin tetap irit.

 

3. Konsisten memainkan gas

Asal memainkan gas tentu dapat menghabiskan banyak bahan bakar. Untuk itu menginjak gas perlu dilakukan dengan benar. Selalu injak pedal gas secara bertahap dan jangan terburu-buru agar konsumsi bensin jadi lebih irit.

 BACA JUGA:6 Nomor Plat Mobil Termahal di Dunia, Harganya Bikin Kaget

4. Gunakan AC seperlunya

Saat AC menyala, kompresor bakal bergerak dan menjadi beban bagi mesin mobil. Untuk itu atur AC hingga penggunaan minimal. Khususnya jika berada di jalan menanjak, sebaiknya nyalakan AC mobil setengah atau seperempat saja.

5. Hindari myatan berlebih

Banyak tidaknya muatan kendaraan besar pengaruhnya terhadap penggunaan bahan bakar mobil. Ketika mobil kelebihan muatan maka sudah tentu mesin akan bekerja sangat keras yang otomatis memakan bahan bakar lebih banyak.

 Ilustrasi

6. Rutin service berkala

Jika ingin mesin kendaraan lebih awet dan irit maka mobil perlu dicek secara rutin baik itu dalam servis rutin. Salah satunya yang perlu dilakukan adalah melakukan penggantian oli supaya putaran mesin jadi lebih baik dan stabil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini