Share

Selain Perhatikan Suhu AC Mobil, Simak 6 Tips Berkendara Hemat Bahan Bakar

Fadli Ramdan, MNC Portal · Selasa 06 September 2022 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 06 87 2661583 selain-perhatikan-suhu-ac-mobil-simak-6-tips-berkendara-hemat-bahan-bakar-81v1oKeqUQ.jpg Ilustrasi mobil (freepik)

NAIKNYA harga bahan bakar minyak (BBM) membuat para pengguna kendaraan harus pandai menghemat bensin. Terutama bagi mereka yang beraktivitas menggunakan kendaraan dengan tingkat lalu lintas sangat padat.

Kondisi ini menuntut pengguna kendaraan efisien dalam berkendara. Bagaimana caranya?

Technical Support Nasional Auto2000 Agus Mustafa membagikan tips berkendara hemat BBM, sebagai berikut:

1. Bijak dalam berkendara

Mengemudikan mobil dengan cara bijak adalah salah satu cara menghemat konsumsi bahan bakar, terutama dalam kondisi macet. Ini bisa dilakukan dengan menginjak pedal secara perlahan.

“Kami para teknisi menyebutnya kalau kaki enteng itu akan membuat bensin boros. Untuk itu, perlahan saja saat menginjak pedal gas,” kata Agus, saat berbincang dengan MNC Portal Indonesia.

Selain dapat menghemat konsumsi bahan bakar, lanjut dia, lanhkah ini akan mengurangi polusi yang dikeluarkan kendaraan.

infografis

2. Gunakan mode ECO

Mobil keluaran terbaru memiliki teknologi ECO yang menunjukkan mode hemat bahan bakar. Sebab itu, usahakan mode tersebut selalu menyala dengan cara menginjak pedal gas secara agresif. Mode ECO juga dapat mengurangi efek gas buang yang dikeluarkan kendaraan bermotor yang dapat memperburuk kualitas udara.

“Kalau mau hemat mode ECO usahakan nyala terus. Tapi kita jadi tidak bisa berkendara dengan cepat karena tidak menginjak pedal gas terlalu dalam,” ujar Agus.

3. Muatan Beban

Beban yang terdapat di dalam mobil tentu saja sangat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Semakin berat beban yang dibawa, maka mesin membutuhkan pembakaran lebih besar untuk mencapai tenaga yang dibutuhkan. Untuk itu, disarankan tidak membawa muatan berlebihan ketika berkendara dan mengeluarkan barang-barang yang tak diperlukan.

4. Kondisi mesin prima

Membahas tentang penghematan bahan bakas tentu saja berkaitan dengan kondisi mesin kendaraan yang prima. Ini merupakan faktor penting jika pemilik mobil tidak ingin keluar uang banyak hanya untuk membeli bahan bakar. Servis berkala juga perlu dilakukan untuk menjaga kondisi mesin tetap prima, seperti yang diutarakan oleh Agus Mustafa.

“Perawatan rutin perlu dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang ada di dalam mesin, terutama di ruang pembakaran dan injeksi. Jika kotor dan aliran bensin tersumbat, maka konsumsi bahan bakar semakin tinggi,” katanya.

5. Suhu AC 24 derajat celcius

Agus Mustafa mengatakan penggunaan AC pada suhu 24 derajat celcius merupakan yang paling tepat untuk membuat mobil lebih irit. Ini tidak akan mesin bekerja keras agar kabin mencapai pada suhu yang diinginkan. Jika memasang pada suhi 16 derajat celcius, maka mesin akan bekerja keras dan konsumsi bahan bakar juga meningkat.

“AC pada suhu 24 atau 25 derajat celcius paling tepat jika mobil ingin irit. Memang itu belum bisa mencapai tingkat kedinginan yang diinginkan di Jakarta. Tapi ini salah satu langkah untuk menghemat bahan bakar,” ujar Agus.

6. Memilih waktu dan rute tepat

Terakhir adalah memilih watu dan rute yang tepat jika ingin mencapai penggunaan bahan bakar sesuai yang diharapkan.

Mengingat, saat ini di Jakarta kepadatan lalu lintah hanya terjadi di waktu tertentu dan di beberapa titik saja. Untuk itu, disarankan bagi pengguna kendaraan bermotor memilih waktu yang tepat demi menghindari kemacetan.

Hafal jalur-jalur alternatif juga sangat penting agar tidak terjebak dalam kemacetan.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini