Share

5 Alasan Tekanan Angin Ban Mobil Harus Selalu Diperiksa, Jangan Dianggap Sepele!

Cita Zenitha, MNC Portal · Kamis 08 September 2022 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 07 52 2662438 5-alasan-tekanan-angin-ban-mobil-harus-selalu-diperiksa-jangan-dianggap-sepele-BobVe5vbHa.JPG Ilustrasi (Foto: Ist)

TERDAPAT lima alasan penting mengapa tekanan angin ban mobil harus selalu diperiksa.

Nyatanya banyak orang belum mengetahui dan tidak peduli terhadap tekanan angin pada ban mobilnya.

Sebagai pengendara sudah seharusnya peka terhadap perawatan kendaraan mulai dari perawatan kabin hingga pengecekan tekanan angin.

Sebab jika tekanan angin pada ban tidak ideal menyebabkan ketidaknyamanan dalam berkendara. Bahkan bisa terjadi hal yang tidak diinginkan di jalan.

Tentu saja tidak ingin insiden buruk terjadi bukan? Untuk itu sebelum bepergian biasakan untuk mengecek tekanan air pada ban mobil terlebih dahulu.

Supaya lebih jelas, Okezone memberikan 5 alasan penting tekanan angin ban mobil harus selalu diperiksa.

Menjaga Kestabilan Mobil saat Berkendara

Alasan utama untuk selalu melakukan pengecekan adalah untuk menjaga kestabilan mobil saat berkendara. Mobil yang memiliki kekurangan tekanan angin akan membuat tidaknya nyaman ketika melintasi jalanan.

Ban yang kekurangan angin tidak akan menempel sempurna pada jalan sehingga sangat membahayakan. Sedangkan kelebihan takaran membuat ban mobil rawan meledak. Mobil menjadi kehilangan kontrol dan sulit dikendalikan.

Ban yang tekanan anginnya sudah pas dan sesuai rekomendasi ternyata dapat menghemat bahan bakar. Jika ban memiliki tekanan angin rendah maka gesekan antara ban dan aspal akan semakin besar. Mesin mobil akan bekerja ekstra dengan bahan bakar yang lebih banyak pula.

Follow Berita Okezone di Google News

Menjaga Kenyamanan Penumpang

Tekanan angin menjaga kenyamanan penumpang ketika berkendara. Pengemudi dapat mengendalikan mobil dengan stabil tanpa kendala. Selain itu daya cengkram ban ke aspal juga lebih maksimal apalagi ketika pengereman.

Umumnya tekanan ban yang pas sekitar 28 Psi hingga 33 Psi. Untuk mobil berkapasitas 7 penumpang sekitar 30 Psi sampai 32 Psi. Kembali lagi, sesuaikan dengan tipe dan jenis mobil yang digunakan.

Antisipasi Insiden Kecelakan

Tekanan angin yang pas pada setiap ban berguna mengantisipasi insiden yang tidak diinginkan. Sebab tekanan angin yang tidak pas pada setiap ban mobil dapat membuat mobil tergelincir karena tidak stabil.

Menjaga Ban Tidak Mudah Rusak

Menjaga ban mobil agar tetap awet dapat dilakukan dengan melakukan pengisian angin sesuai rekomendasi. Tekanan angin yang terlalu rendah mengakibatkan ban bergesekan begitu kuat menyebabkan ulirnya cepat aus. Sedangkan tekanan angin terlalu tinggi bisa mengakibatkan ledakan dan benjolan pada ban. (nia)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini