Share

Harga Beda Tipis, Yuk Kepoin Persamaan Oktan Bensin Pertamina dan Shell

Fadli Ramdan, MNC Portal · Jum'at 09 September 2022 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 08 52 2663195 harga-beda-tipis-yuk-kepoin-persamaan-oktan-bensin-pertamina-dan-shell-72seGfUQ3U.jpg SPBU (dok Sindonews)

SAAT ini harga bahan bakar minyak (BBM) mengalami kenaikan menjadi perhatian masyarakat.

Hal ini membuat masyarakat berpikir ulang untuk membeli BBM sesuai oktan atau RON (Research Octane Number).

Lantas apa persamaan bensin Pertamina dan Shell berdasarkan kandungan oktannya?

Seperti dilansir dalam laman Pertro-online.com RON merupakan daya bakar bahan bakar mesin pada kecepatan dan suhu rendah. Ini dirancang untuk mencerminkan perilaku bahan bakar dalam kondisi idle dan selama akselerasi.

Semakin tinggi peringkat RON, semakin banyak kompresi yang dapat ditahan dalam mesin pengapian percikan sebelum dinyalakan.

Bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi dapat memiliki peringkat RON setinggi 97, 98 dan bahkan 100. Ini datang dengan label harga yang lebih tinggi dan umumnya disukai oleh pengendara dengan kendaraan berperforma tinggi.

Namun, SPBU di Indonesia hanya menjulan RON maksimal diangka 98 yang biasanya digunakan untuk kendaraan dengan cc besar atau membutuhkan kinerja besar.

Pertamina dan Shell menjadi SPBU yang memiliki peminat paling banyak, mengingat mereka merupakan pemain lama dalam menjual BBM.

Baik Pertamina dan Shell, keduanya menjual jenis RON yang sama tapi dengan harga yang berbeda di setiap jenisnya. Berikut adalah jenis nilai oktan yang dijual oleh Pertamina dan Shell.

RON 90

Pertamina memperkenalkan Pertalite pada 24 Juli 2015 lalu, untuk menggantikan bahan bakar jenis Premium. Memiliki RON 90, Pertalite yang kini dijual Rp10.000 per liter dianggap memiliki pembakaran lebih baik ketimbang Premium yang memiliki RON 88.

Shell pernah menjual produk BBM RON 90 yang pada Januari 2022 telah resmi dihapuskan karena dianggap tidak efisien. Terakhir, RON 90 milik Shell dijual dengan harga Rp10.500 per liter.

 infografis

RON 92

Untuk ukuran oktan 92, Pertamina menjual Pertamax yang dianggap memiliki bahan lebih baik yang dapat membuat mesin tetap bersih. RON 92 juga bukan merupakan program subsidi pemerintah, sehingga harganya bisa berubah mengikuti harga minyak dunia.

Saat ini, Pertamax RON 92 dijyual dengan harga Rp14.500 per liter alami kenaikan Rp2.000 per liter dari harga sebelumnya.

Sedangkan Shell memiliki pilihan Super di kategori RON 92 dengan harga jualnya saat ini Rp15.420 per liter. Bukan badan perusahaan yang dikelola negara, maka harga jualnya kerap berubah.

RON 95

Pertamina saat ini tidak memiliki produk untuk RON 95 setelah Pertamax Plus resmi dihapuskan dan digantikan dengan Pertamax Turbo.

Sedangkan Shell masih memiliki varian untuk RON 95, yaitu Shell V-Power yang saat ini dijual dengan harga Rp16.130 per liter.

RON 98

Pada varian oktan tertinggi, Pertamina memiliki Pertamax Turbo RON 98 yang biasanya digunakan untuk kendaraan yang mengejar performa tinggi. Kualitasnya yang lebih baik membuatnya dijual dengan harga yang cukup tinggi, yakni Rp19.900 per liter

Sementara Shell memiliki V-Power Nitro+ merupakan idola para pengendara mobil sport yang membutuhkan kinerja tinggi dan pembakaran maksimal. Saat ini, V-Power Nitro+ dijual dengan harga Rp16.150 per liter.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini